Sukses

Bahaya Sering Menahan Buang Air Kecil

Jika merasakan ingin buang air kecil, tak perlu malu maupun malas untuk keluar sebentar dari meeting atau bioskop.

 
Liputan6.com, Jakarta Rasa ingin buang air kecil memang tak bisa diatur manusia. Hal ini bisa terjadi dalam keadaan apa saja, termasuk saat di luar rumah, misalnya saat dalam perjalanan, menonton film di bioskop, maupun meeting penting. 
 
Jika merasakan ingin buang air kecil, tak perlu malu maupun malas untuk keluar sebentar dari meeting atau bioskop. Menunda hal ini malah membuat Anda tak nyaman dan bila dilakukan berulang kali malah membuat masalah kesehatan baru.
 
"Menunda buang air kecil itu membuat seseorang berisiko terkena infeksi saluran kencing," tutur dokter penyakit dalam dan staf pengajar Ilmu Penyakit Dalam di FKUI/RSCM Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB saat dihubungi Health-Liputan6.com beberapa waktu lalu.
 
Hal ini disebabkan karena semakin lama menahan buang air kecil, kandung kemih jadi tempat berkembang biak yang baik bagi bakteri. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi tambah Dr. Chamandeep Bali, seorang dokter naturopathic dari Toronto Naturopathic Health Clinic seperti dilansir Huffington Post, Kamis (31/7/2014).
 
Rasa buang air kecil didapat saat kandung kemih, tempat menyimpan air dalam tubuh sudah penuh terisi. Kandung kemih punya kemampuan menampung air sekitar 15 ons (delapan gelas air sekitar 64 ons). Saat kandung kemih penuh akan mengirim pesan ke otak agar segera dikeluarkan. Inilah yang membuat manusia ingin buang air kecil.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini