Sukses

Agar Makan Opor Saat Lebaran Tak Berakibat Buruk

Makanan berserat punya peranan penting untuk tubuh lebih dari Anda kira. Apaalagi usai lebaran

Liputan6.com, Jakarta Usai sebulan berpuasa, akhirnya bebas sepuasnya makan seperti biasa. Malah makanan yang disajikan saat Lebaran sunnguh menggugah selera.

Namun perlu diingat, usai makan opor ayam maupun sambel goreng ati serta menu lain khas Lebaran untuk tetap makan makanan sumber serat terbaik seperti sayur dan buah. Makanan berserat punya peranan penting untuk tubuh lebih dari Anda kira. Menurut dr. Phaidon L. Toruan M.M dan dr Widya Murni, MARS dalam buku Rahasia Terkini Awet Sehat menjelaskan pentingya serat seperti ditulis Health Liputan6.com Senin, (28/7/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bebas gendut

1. Bebas gendut
Serat sebenarnya adalah karbohidrat yang tak mampu dicerna oleh manusia. Makanan kaya serat memperlambat pelepasan karbohidrat sehingga tubuh akan efisien mengolah energi. Energi akan digunakan dan bukan malah disimpan yang membuat seseorang gendut.  

2. Menyapu sampah di usus
Buah dan sayur yang kaya serat berfungsi untuk "menyapu" makanan membusuk yang ada di usus, misalnya daging merah. Selain itu, makanan berserat memabtu tubuh membuang bakteri dan virus yang tidak diperlukan tubuh. Sehingga imunitas seseorang jadi baik jauh dari penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini