Sukses

Banyak Orangtua Beranggapan Anak Gendut itu Baik

Anak yang kelebihan berat badan merupakan masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orangtua yang senang saat melihat sang anak tumbuh dengan berat badan berlebih. Tampak segar, lucu, dan imut begitu kata mereka. Padahal anak yang kelebihan berat badan merupakan masalah kesehatan.

Sekitar 31% orangtua anak-anak obesitas menganggap kesehatan anaknya sangat baik, bahkan  1 dari 3 orangtua yang anaknya dibawa ke klinik obesitas tidak merasa berat badan sang anak sebagai masalah kesehatan. Hanya 28% orangtua yang melihat kegendutan sebagai masalah kesehatan.

"Mungkin sulit bagi orangtua untuk bersikap objektif tentang berat badan anak. Kecuali jika bertanya kepada ahli medis seperti dokter atau perawat," ujar pemimpin penelitian Dr Kyung Rhee dari University of California, San Diego School of Medicine.

"Sehingga banyak orang berpikir bahwa pipi chubby dan badan gendut itu oke-oke saja dan nanti saat besar juga tidak seperti itu," tambahnya seperti dilansir Live Science, Jumat (25/7/2014).

Oleh karena itu penting bagi orangtua yang anaknya obesitas untuk mendorong anak mencapai berat badan ideal dengan makan-makan sehat dan aktivitas fisik.

Beragam masalah kesehatan kelak bisa timbul berawal dari berat badan berlebih seperti pubertas dini, diabetes tipe 2, gangguan tidur dan masalah perilaku.

"Anak yang obesitas meningkatkan risiko kesehatan seperti asma, fibrosis hati, batu empedu. Serta penyakit degeneratif seperti nyeri sendi, stroke, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi," tutur Konsultan Gizi Prof. Igantius Onimawo seperti dikutip laman Nigerian Bulettin, Jumat (25/7/2014).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.