Sukses

Usai Operasi, 232 Gigi Dikeluarkan dari Mulut Remaja Ini

Remaja 17 tahun dari Buldhana, India yang baru saja menjalani operasi untuk mengeluarkan 232 gigi dari gusi yang bengkak.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya, orang dewasa memiliki 32 gigi. Tapi kondisi berbeda menimpa remaja 17 tahun dari Buldhana, India yang baru saja menjalani operasi untuk mengeluarkan 232 gigi dari gusi yang bengkak.

Awalnya, remaja yang bernama Ashik Gavai ini mendatangi rumah sakit pemerintah Sir J.J. karena merasakan rasa sakit di bagian kanan wajahnya. Rasa sakit ini sebenarnya sudah dirasakan sejak dua tahun lalu.

Lalu, para ahli melalukan serangkaian tes untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi di mulut. Sayang, tak terlihat apa yang terjadi dalam mulutnya, maka dilakukan operasi.

Saat para ahli medis melakukan operasi mereka terperanjat saat melihat jumlah gigi kecil dari abnormal molar berukuran 3.5x2 cm di mulutnya.

"Usai operasi kami menemukan 232 gigi kecil dalam gusinya," tutur salah satu dokter yang mengoperasi, Dhivara-Palwanker seperti dilansir India Times, Jumat (25/7/2014).

Selain menemukan gigi kecil dengan jumlah sebanyak itu, ada pula jaringan yang mengeras yang mengganggu gigi sehat Ashik. Saking kerasnya sampai peralatan bor tak mampu menanganinya.

"Complex Composite Odontom, inilah sebutan medis untuk kondisi yang dialami Ashik. Semacam tumor jinak yang dapat menyebabkan beberapa kesulitan saat mengunyah, menelan dan menyebabkan pembengkakan pada wajah pasien. Untungnya ini tidak mengancam jiwa," tutur Dhivare-Palwanker.

Usai kejadian ini, para medis segera mencari literatur tentang hal serupa. Nyatanya, hal seperti ini belum pernah terjadi bahkan secara global."Saya yakin ini adalah rekor terbaru dunia, dan kami akan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini," tambah dokter gigi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini