Sukses

4 Penyakit Menular yang Jadi Trending Topic Dunia

Setidaknya ada empat penyakit menular yang menjadi perhatian dunia saat ini. Katakanlah semacam "trending topics" di bidang kesehatan dunia

Liputan6.com, Jakarta Setidaknya ada empat penyakit menular yang menjadi perhatian dunia saat ini. Katakanlah semacam "trending topics" di bidang kesehatan dunia yang sebagian tentu saja perlu diperhatikan Pemerintah Indonesia. "Keempat penyakit itu adalah MERS CoV, Flu Burung, Ebola dan Polio,"ujar Kepala Balitbangkes Kemkes RI, Prof. Tjandra Yoga Aditama lewat surat elektroniknya kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (21/7/2014).

Untuk kasus MERS CoV, data dari WHO per 4 Juli 2014 menunjukkan ada 827 kasus dengan 287 kematian di dunia. Sepanjang Juli 2014, WHO menerima laporan MERS CoV berupa 7 kasus di Saudi Arabia dan 1 kasus dari Iran.

Kasus flu burung yang kerap dilaporkan adalah akibat Avian Influenza A (H7N9). Kasus terakhir dilaporkan WHO pada 24 Juni, dari China dan Taiwan. Sementara khusus untuk Ebola di Afrika, pada 8 Juli 2014 ini ada 844 kasus (sebagian terkonfirmasi, masih kemungkinan dan dicurigai), dan 518 kematian. Pada 3-6 Juli 2014, juga dilaporkan ada 50 kasus Ebola dengan 25 kematian.

Para Menteri Kesehatan beberapa negara Afrika sudah melakukan rapat koordinasi untuk penanggulangan bersama, khususnya untuk kasus-kasus di Liberia, Guinea dan Siera Leona.

Tentang penyakit polio, di satu sisi kini dunia menuju ke situasi bebas polio (Indonesia sudah dideklarasikan bebas polio pada Mei yang lalu), sementara di sisi lain masih ditemukan laporan-laporan adanya virus polio liar di lingkungan. Pada Juni 2014 misalnya, WHO menerima laporan ditemukannya Wild Polio Virus type 1 (WPV 1) di sistem pembuangan. Selain itu, pada Maret 2014 dilaporkan juga penemuan WPV 1 di Equatorial Guinea dan Kamerun.

"Program pengendalian penyakit di Indonesia sudah mempunyai sistem untuk menangani masalah kesehatan global, baik melalui mekanisme International Health Regulation IHR 2005, konsep PDR (pencegahan, deteksi, respon) dan GHSA (global health security agenda),"tegas Tjandra Yoga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.