Sukses

Cara Mengolah Kentang yang Benar

Jika Anda ingin menjaga kadar gula dalam darah hindari makan mashed potato serta olahan kentang lain yang ditumbuk.

Liputan6.com, Jakarta Mashed potato, hidangan ala barat berbahan kentang ini akhir-akhir ini makin banyak ditemukan dalam menu berbagai restoran. Namun, jika Anda ingin menjaga kadar gula dalam darah hindari makan mashed potato serta olahan kentang lain yang ditumbuk.

Seperti dilansir Daily Mail, Selasa (15/7/2014), Rodney Bilton, profesor emeritus biokimia Liverpool John Moores University menemukan fakta baru bahwa cara memasak berpengaruh terhadap perubahan kandungan dalam bahan makanan tersebut. Saat mengonsumsi kentang dengan ditumbuk bisa mengubah jumlah gula yang dilepaskan dalam darah. Profesor biokimia dari Liverpool John Moores University ini mengungkapkan sekitar 25 persen lebih banyak gula yang dilepaskan ke darah usai mengonsumsi kentang tumbuk dibandingkan kentang yang dipotong biasa.

Kentang dan makanan sumber karbohidrat lain mengandung granula pati. Merebus kemudian menumbuknya membuat membran yang mengelilingi membran terbuka. Pada proses inilah pati berubah menjadi gula.  

Seperti diketahui, kandungan gula dalam darah berpengaruh terhadap lingkar pinggang dan kesehatan secara keseluruhan. Sehingga, bijaklah mengonsumsi makanan yang Anda konsumsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.