Sukses

5 Manfaat Main Game

Main game mungkin kelihatan tidak baik. Namun rupanya ada manfaatnya juga

Liputan6.com, Jakarta Bermain game atau ngegame acapkali dinilai sebagai kegiatan yang tak bermanfaat. Bahkan bagi mereka yang tergolong kecanduan bermain game yang disebut hardcore gamer menurut sebuah penelitian dapat mengarah adanya ketidakseimbangan mental. Tapi ternyata, dilansir dari laman boldsky, Kamis (3/7/2014) bermain game juga ada manfaat bagi kesehatan.

Berikut manfaat bermain game yang mungkin bisa mengejutkan Anda:

1. Mengurangi stres
Di kala jalanan macet, bosan menunggu, sedang kesal bermain game bisa jadi aktivitas menyenangkan. Bahkan menurut sebuah penelitian, gamer aktif lebih dapat mengatasi stres di tempat kerja dibandingkan mereka yang tidak bermain game.

2. Meningkatkan pengamatan
Saat bermain game, mata harus awas agar mampu terus melaju menyelesaikan misi permainan. Dampaknya kemampuan visual para gamer lebih jeli dan fokus.

3. Latihan fisik
Tidak selamanya game hanya menuntut gerak jari semata. Kini juga sudah ada permainan yang membuat aktif bergerak, seperti game dari Wii, Xbox 360, dan Play Station 3. Salah satu permainan yang dikenal adalah Dance Dance Revolution, permainan ini "memaksa" pemain menggerakkan tangan dan kaki mengikuti irama.

4. Menangkal Depresi
Gamer aktif biasanya tidak depresi. Otak mereka begitu aktif sehingga jauh dari ketidakseimbangan mental.

5. Mengasah Kreativitas
Jenis game makin bervariatif. Kini, juga ada permainan yang bersifat perencanaan atau mendesain sesuatu. Lewat permainan ini kreativitas pemain ditantang untuk terus kreatif.

(dik)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini