Berapa Banyak Vitamin C Mesti Dikonsumsi dalam Sehari?

Oleh Liputan6 pada 03 Jul 2014, 17:04 WIB
Diperbarui 03 Jul 2014, 17:04 WIB
Berapa Banyak Vitamin C Mesti Dikonsumsi dalam Sehari?
Perbesar
Sangat penting memilih suplemen dengan dosis tepat sesuai kebutuhan agar Vitamin C tidak terbuang sia-sia dan memberikan fungsi maksimal.

Liputan6.com, Jakarta Vitamin C diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan jaringan kolagen dan membantu fungsi antioksidan tubuh dalam menetralisir radikal bebas. Tubuh manusia tidak dapat membuat Vitamin C sendiri, sehingga harus didapat dari makanan dan suplemen.

Tahukah kamu, berapa rata-rata kebutuhan Vitamin C bagi tubuh setiap harinya?

Peneliti dari University of Michigan, Mark Moyad, mengatakan bahwa penting sekali mengetahui kebutuhan vitamin c untuk tubuh.

"Semakin banyak kita mempelajari vitamin C, semakin baik juga pemahaman tentang melindungi kesehatan kita, mulai jantung, kanker, stroke, kesehatan mata dan kekebalan tubuh dan kulit," ujar Moyad seperti dilansir situs Webmd tentang manfaat Vitamin C.

Lanjut Moyad, untuk mendapat hasil yang ideal dibutuhkan 500 mg Vitamin C setiap harinya. Angka tersebut lebih tinggi dari kecukupan gizi yang direkomendasikan RDA di Amerika sebesar 75 - 90 miligram perhari untuk orang dewasa. Selain mengkonsumsi buah dan sayuran, diperlukan juga suplemen makanan untuk mendapatkan manfaat yang lengkap.

"Kebanyakan orang tidak rutin mengkonsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan Vitamin di tubuhnya. Dengan konsumsi suplemen sehari sekali tentunya akan aman, efektif, dan mudah dilakukan," kata Moyad.

"Batas atas aman konsumsi vitamin C adalah 2.000 miligram per hari, namun hanya dengan 500 miligram setiap hari saja sebenarnya sudah memberi hasil yang optimal," lanjutnya.

Sangat penting memilih suplemen dengan dosis tepat sesuai kebutuhan agarĀ  Vitamin C tidak terbuang sia-sia dan memberikan fungsi maksimal pada tubuh sesuai dengan yang diharapkan. Salah satunya VITACIMIN, suplemen Vitamin C 500 mg yang berbentuk tablet hisap dengan 4 pilihan rasa yang telah teruji secara klinis serta bahan bakunya diimpor dari Jepang.

Selain suplemen makanan, konsumsi buah dan sayuran tentunya tetap dibutuhkan karena akan mendapatkan kadar vitamin dan mineral lain untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya