Sukses

Yoghurt Aman Dikonsumsi Saat Sahur dan Buka Puasa

Minuman hasil fermentasi dari susu, yogurt ternyata aman dikonsumsi saat sahur ataupun buka puasa

Liputan6.com, Jakarta Minuman hasil fermentasi dari susu asam yang disebut yoghurt ternyata aman dikonsumsi saat sahur ataupun buka puasa. Selain dapat meningkatkan kesehatan saat puasa, konsumsi yoghurt juga membantu kesehatan mulut dan gigi.

Demikian disampaikan pakar gizi dari Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Hardinsyah saat acara Puasa Sehat Bersama Yogurt Cimory, ditulis Kamis (19/6/2014). Menurutnya, kandungan gizi yoghurt dapat meningkatkan kesehatan berpuasa karena yoghurt mengandung vitamin A, B1, B2, B12, D, E, Kalium dan Kalsium serta Protein yang tentunya baik bagi tubuh saat berpuasa.

"Bakteri baik berupa Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococus Thermopilus yang terdapat dalam yoghurt membantu sistem percernaan tubuh dengan menekan pertumbuhan bakteri jahat. Selain itu, bila kesehatan mulut dan gigi terjaga, mengonsumsi yoghurt di bulan puasa, turut membuat napaas menjadi lebih segar,” katanya.

Sebelumnya, praktisi diet terakreditasi, Victoria Djajadi pernah mengatakan bawa yoghurt juga bisa menurunkan risiko hipertensi dan lactose intolerance atau intoleransi susu yang biasanya ditandai dengan mencret-mencret setelah minum susu. Lactose intolerance biasanya muncul karena kondisi genetik ketika tubuh tak bisa mengubah laktosa karena kurang enzim laktose dan kondisi itulah yang membuat orang merasa enek jika minum susu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini