Sukses

4 Rahasia Panjang Umur

Sebuah pemaparan yang tentang rahasia panjang umur (longevity) yang disebut dengan pendekatan "Blue Zone" diungkap para peneliti

Liputan6.com, Jakarta Sebuah pemaparan yang tentang rahasia panjang umur (longevity) yang disebut dengan pendekatan "Blue Zone" diungkap para peneliti pada pertemuan ilmiah yang berlangsung di Singapura, 12 Juni lalu.

"Pendekatan ini dimulai dengan melakukan penelitian pada 5 daerah di dunia yang banyak memiliki penduduk usia 100 tahun, seperti Nicoya (Costa Rica)‎, Ikaria (Yunani), Sardinia (Italia), Okinawa (Jepang) dan Coma Linda (California)," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Prof. Tjandra Yoga Aditama, Sabtu (14/6/2014).

Berdasar pengalaman ke 5 daerah itu dan juga sumber-sumber ilmiah lain dapat disimpulkan ada 4 "resep‎" umur panjang, antara lain:
1. Move naturally, artinya kita harus selalu bergerak fisik (berjalan, berkebun, naik tangga, me‎nggerakkan tangan untuk ambil barang, dll). Jadi pengertiannya bukan selalu olah raga, tapi gerakan-gerakan biasa dalam kehidupan sehari-hari dan jangan duduk saja

2. Right outlook, artinya secara umum berpandangan positif, optimis, tahu untuk apa kita hidul

3. Eat wisely, makan sehat selalu, lebih banyak sayuran lebih baik, dan jangan makan terlalu kenyang‎. Salah satu syarat makanan sehat adalah semua yang bisa hidup di tanah dan semua yang punya Ibu.

4. Connect, selalu berhubungan baik dengan sesama manusia, perlu ada teman baik untuk tempat "curhat", dan jalankan agama dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini