Sukses

Sering Tidur Malam Bikin Tubuh Mudah Lelah

Pernah merasa telah tidur cukup di malam hari tapi keesokan harinya merasa lelah? Bila Anda merasakannya, Anda tidak sendirian

Liputan6.com, Jakarta Pernah merasa telah tidur cukup di malam hari tapi keesokan harinya merasa lelah? Bila Anda merasakannya, Anda tidak sendirian. Karena menurut seorang psikolog klinis dari American Academy of Sleep Medicine, Michael J. Breus, Ph.D mungkin hal tersebut disebabkan oleh terlalu larut tidur di malam hari. Dan itu sering Anda lakukan.

"Jika Anda sering tidur terlalu malam, maka Anda mungkin lelah keesokan hari. Tubuh Anda mencintai konsistensi. Ketika Anda tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, hal ini akan menciptakan konsistensi waktu. Misalnya Anda terbiasa tidur delapan jam sehari, ketika akhir pekan, Anda tidur sembilan jam. Ini akan mengganggu ritme," kata Michael, seperti dikutip Huffingtonpost, Selasa (10/6/2014).

Menurut Michael, siklus tidur rata-rata sekitar 90 menit dan setiap individu biasanya memiliki lima siklus tidur pada malam hari. Meski hal ini tidak berlaku bagi semua orang, tapi total rata-rata normalnya tidur selama 7,5 jam. Jadi jika Anda bangun satu jam lebih lama, bukannya merasa fit tapi justru merasa lelah dan pusing.

Tidak hanya itu, Michael mengungkapkan, sangat sulit untuk bangun tidur bila kita telah pulas hingga ke siklus 3 atau 4. Tapi perlu diingat, teralu banyak tidur akan membuat kelelahan sepanjang hari.

"Ingat kuantitas tidak sama dengan kualitas. Anda bisa banyak tidur tapi belum tentu mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika Anda ingin mengetahui jadwal tidur terbaik, coba mulai bangun di pagi hari dan menghitung mundur 7,5 jam," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.