Sukses

Perempuan Diabetes Rawan Terkena Jantung Koroner

Perempuan yang diabetes waspadalah karena Anda lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung koroner.

Liputan6.com, Sydney Perempuan yang diabetes waspadalah karena Anda lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung koroner dibanding pria dengan diabetes. Penyakit ini merupakan pembunuh nomor satu di Amerika Serikat yang setiap tahunnya membunuh 600 ribu orang.


Penelitian ini dilakukan lebih dari 850 ribu pasien. Dalam semua kasus, wanita diabetes 44 persen lebih mungkin menderita penyakit jantung. Namun, penyebab pastinya masih menjadi misteri.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Diabetalogia  seperti dilansir MedicalDaily, Jumat (23/5/2014). Penulis penelitian menyebutkan sebuah penelitian menunjukkan wanita diabetes memiliki kesempatan 46 persen lebih tinggi meninggal akibat jantung koroner dibanding pria.

Selain itu, perempuan diabetes lebih mungkin mengalami stroke dibanding pria diabetes sebesar 25 persen.

Banyak dokter menyimpulkan metabolisme pada perempuan diabetes memburuk dibanding pria. Dengan kata lain, perempuan kurang sehat ketika mulai pengobatan.

"Pelaksanaan intervensi pada jenis kelamin sebelum diabetes menjadi manisfestasi seperti skrining pradiabetes pada perempuan dikombinasikan dengan tindak lanjut pada perempuan yang berisiko tinggi untuk diabetes," kata peneliti Rachel Huxley dari University of Queensland di Australia.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.