Sukses

7 Trik Hadapi Rasa Kantuk di Tempat Kerja

Serangan mengantuk di jam bekerja bisa membuat Anda sulit berkonsentrasi. Apalagi jika Anda harus menyelesaikan pekerjaan secepatnya.

Liputan6.com, New York Pernahkah Anda merasa sangat mengantuk hingga kepala Anda hampir mengenai monitor? Serangan mengantuk di jam bekerja bisa membuat Anda sulit berkonsentrasi. Apalagi jika Anda harus menyelesaikan pekerjaan secepatnya.

Pekerja yang menyerah dengan kantuknya itu biasanya memilih memejamkan matanya. Tapi bagaimana jika Anda banyak pekerjaan dan Anda harus terjaga? Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana untuk mencegah dari rasa kantuk seperti dilansir LifeHack, Kamis (22/5/2014).

1. Tidur siang

Cobalah tidur sejenak dibanding Anda berjuang keras untuk tetap melak. Tak ada yang mengalahkan kekuatan tidur siang ketika seseorang begitu lelah bekerja.

Mengantuk bisa menjadi cara tubuh Anda memberitahu bahwa Anda melambat dan perlu istirahat. Cobalah, sejenak untuk tidur siang untuk mengisi ulang kekuatan di tubuh Anda. Anda akan lebih mudah untuk fokus dan bersemangat setelah tidur siang.

2. Ganti tugas

Bisa jadi Anda bosan dengan tugas-tugas Anda dan itulah yang membuat Anda mengantuk. Cobalah beralih ke tugas lain. Mungkin dengan cara ini otak Anda bisa mendapat rangsangan lain yang akan membantu Anda tetap waspada dan terjaga.

Berganti tugas juga memberikan Anda perspektif yang berbeda. Daripada memaksakan bekerja, cobalah fokuskan waktu dan energi Anda ke dalam pekerjaan yang lain. Cara ini mungkin bisa membuat Anda bekerja lebih baik dan tetap waspada karena otak Anda mau bekerja sama.

3. Bergerak

Lakukan beberapa peregangan atau berjalan-jalan. Jauhi komputer Anda untuk sesaat. Apabila Anda bekerja dari rumah, cobalah mencari udara segar dengan keluar dari rumah. Kemudian ketika kembali Anda sudah bersemangat kembali.

Anda juga bisa melakukan beberapa peregangan. Dengan cara ini, Anda bisa bersiap dengan tugas-tugas ke depan.

Duduk sepanjang hari itu tak sehat dan bisa memicu rasa kantuk. Apabila Anda tak terbiasa dengan latihan fisik, gerakan ringan atau peregangan bisa memberikan dorongan energi.

4. Perhatikan yang Anda makan

Ada beberapa makanan yang membuat Anda mengantuk. Berhati-hatilah apabila Anda memakannya. Selain itu, jangan makan berlebihan saat makan siang karena ini cenderung membuat Anda mengantuk usai makan siang. Berhentilah dari makan Anda segera setelah Anda merasa puas. Makan sampai Anda kenyang tak hanya tak sehat tapi bisa memicu rasa kantuk.

5. Sikat gigi dengan peppermint

Sikat gigi dengan pasta gigi peppermint. Peppermint merupakan stimulan alami yang membuat Anda tetap waspada.

6. Coffee break

Ketika semuanya gagal, tak ada yang mengalahkan kekuatan kopi. Cobalah menikmati secangkir kopi untuk membuat Anda melek. Kopi mengandung kafein yang juga stimulan. Tapi, berhati-hatilah dengan berapa banyak yang Anda minum.

7. Meditasi

Meditasi tak hanya dilakukan untuk membuat Anda santai. Ada meditasi yang efektif membuat Anda melek.  Ketika bermeditasi, posisi terbaik adalah duduk tegak dan pastikan pernapasan Anda tak terganggu. Apabila Anda tak tahu bagaimana bermeditasi yang efektif, Anda bisa mendengarkan audio meditasi dengan menggunakan earphone.

Dengan tujuh tips di atas, Anda bisa mengusir rasa kantuk di tempat kerja. Tapi yang perlu diingat bahwa tidur menjadi cara tubuh beristirahat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini