Sukses

Urine Orang Sehat Juga Ada Bakterinya

Penelitian terbaru menemukan urine itu tidak steril sehingga siapapun yang senang minum urine berpikirlah kembali.

Liputan6.com, New York Beberapa orang meyakini minum urine bagus untuk kesehatan. Namun, penelitian terbaru menemukan urine itu tidak steril sehingga siapapun yang senang minum urine berpikirlah kembali.

Peneliti mengungkapkan, urine dari orang yang sehat belum tentu bebas kuman seperti yang diyakini orang. "Selama bertahun-tahun, orang berkeyakinan apabila Anda tak memiliki infeksi saluran kemih, urin Anda steril," kata Evann Hilt, peneliti di Loyola University Chicago seperti dilansir Today, Senin (19/5/2014).

Peneliti mengevaluasi spesimen urine dari 84 perempuan, 42 di antaranya sehat dan 42 didiagnosa mengalami gejala kandung kemih yang superaktif, yakni suatu kondisi yang memengaruhi 15 persen perempuan.

Hasil yang dipresentasikan pada pertemuan mikrobiologi Boston itu menunjukkan bahwa pasien yang mengalami kandung kemih memiliki 77 spesies bakteri yang berbeda, sedangkan pasien sehat memiliki 33 spesies yang berbeda.

Pada penelitian sebelumnya seperti yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Microbiology menunjukkan bahwa ketika Anda menggunakan teknik deteksi berbasis DNA, bakteri yang hadir di dalam kandung kemih beberapa wanita sehat memiliki gejala infeksi saluran kemih, tapi bebas dari masalah.

"Penelitian menunjukkan ada bukti DNA bakteri dan yang saat ini kami tunjukkan adalah bakteri masih hidup," kata Hilt.

Sebelumnya, Mark Ambrose (91) meyakini kebiasaanya yang minum urine membuatnya 10 tahun lebih muda.
Mark menjelaskan, urine sangat steril karena terdiri dari air dan lima persen nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral.

Baca Juga:
Cuma Minum Urine, Kakek Mark Panjang Umur


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini