Sukses

Cari Tahu Seberapa Butuh Batita Anda pada Susu Formula

Sejumlah pertimbangan harus diperhatikan kaum ibu sebelum memberikan susu formula pada buah hatinya.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pertimbangan harus diperhatikan kaum ibu sebelum memberikan susu formula pada buah hatinya. Sang ibu harus bisa memastikan anaknya memang membutuhkan susu formula atau tidak.

Beragam jenis susu formula dengan harga yang berbeda membuat orangtua harus tahu nutrisi apa yang dibutuhkan si anak. Bagaimana pun ibu yang paling tahu seberapa banyak asupan makanan si anak dalam sehari.

"Konsumsi makanannya berapa banyak dan apa saja yang dimakannya. Setelah itu, dilihat juga apakah si anak dengan makanan yang diberikan padanya masih membutuhkan susu atau tidak. Masih lapar atau tidak," kata dr. Gregorious Bimantoro dari TanyaDok.com dalam acara `Mari Rayakan Joyful Moment Anak Melalui Bebeclub` di Otel Lobby Kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Bimo ini menekankan bahwa susu adalah pelengkap sehingga boleh diberikan atau tidak. "Namun yang pasti, seorang anak membutuhkan asupan kalori yang tinggi banget, lebih tinggi dari orang dewasa," kata Bimo menjelaskan.

Setelah itu, langkah selanjutnya yang dapat digunakan oleh bunda untuk menentukan susu apa yang cocok adalah dengan mencari tahu apakah dia mengalami intoleransi laktosa atau tidak. 

"Terpenting sebenarnya, dia suka tidak dengan susu yang dibeli. Kalau mahal tapi anak enggak suka, akan percuma. Bisa jadi si anak sukanya susu dengan harga yang biasa saja," kata dia menerangkan.

Maka itu, untuk menentukannya ada baiknya memberikan susu pada anak dengan skala kecil dan diberikan sedikit demi sedikit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.