Sukses

Jaga Kesehatan Tulang Tak Cukup Hanya dengan Kalsium

Menjaga kesehatan tulang sebenarnya tak cukup hanya dengan kalsium atau vitamin D.

Liputan6.com, Jakarta Banyak oragn tidak paham bahwa untuk menjaga kesehatan tulang tak cukup dengan asaupan kalsium atau vitamin D. Alasannya, tulang butuh nutrisi lain seperti magnesium, seng, tembaga dan mangan.

Seperti disampaikan Spesialis Gizi Klini dari RS Medistra, dr. Cindiwaty Pudjiadji MARS. MS. SpGK selain kalsium, ada banyak nutrisi yang dibutuhkan tulang agar tetap kuat saat usia senja. Nutrisi apa saja yang dibutuhkan tulang agar kuat? Berikut penjelasan Cindi :

1. Kalsium

Kalsium sudah jelas dibutuhkan tulang karena mineral penting ini berguna untuk membantu memelihara tulang agar kuat dan sehat. Namun, karena kalsium tidak dapat diproduksi tubuh, maka kalsium hanya bisa didapat dari makanan yang Anda konsumsi.

Sejauh ini, kalsium yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu 1.000 hingga 1.300 miligram per hari. Sayangnya, berdasar data statistik Asia, International Osteoporosis Foundation, tingkat asupan kalsium di hampir semua negara Asia berada jauh di bawah rekomendasi yakni hanya 450 miligram per hari.

Sementara data di Indonesia yang dicatat oleh Puslitbang Gizi dan Makanan, Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa tingkat asupan kalsium orang Indonesia baru 254 miligram per hari.

2. Vitamin D

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa sumber vitamin D berasal dari paparan sinar matahari. Sekadar mengingatkan, berdasarkan Pedoman Pengendalian Osteoporosis Kementerian Kesehatan tahun 2008, semua orang dianjurkan untuk berjemur 5-15 menit sehari pada muka dan anggota badan 3 kali seminggu, sebelum pukul 10 pagi atau setelah pukul 4 sore.

Lebih lanjut, Cindi menjelaskan, vitamin D membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium sehingga membantu membangun dan memelihara tulang sehat.

"Tanpa vitamin D hanya 10-15 persen kalsium yang terserap. Sedangkan dengan vitamin D, penyerapan kalsium di usus akan terbantu hingga 30-40 persen. Ini dapat menurunkan risiko patah panggul dan patah tulang lainnya. Dan pada orangtua, bisa menurunkan gigi copot," kata Cindi.

Selain dari sinar matahari, Cindi melanjutkan, kebutuhan vitamin D bisa didapat dari minyak ikan, daging, telur dan sereal.

3. Magnesium

Magnesium berfungsi untuk membantu menjaga kekuatan tulang. Menurut Cindi, magnesium banyak terdapat pada kacang-kacangan, sayur berdaun hijau, susu dan yoghurt.

4. Seng

Seng bisa membantu pembentukan tulang dan perbaikan tulang.

5. Tembaga

Tembaga bisa membantu mineralisasi tulang.

6. Mangan

Mangan dapat membantu perkembangan tulang.

Cindi mengatakan, dengan kelengkapan nutrisi ini, maka kepadatan tulang bisa maksiman dan dapat dipertahankan selama mungkin.

"Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kombinasi kalsium, seng sebanyak 15 miligram sehari, mangan 2,5 miligram per hari dan tembaga 5 miligram per hari akan meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini