Sukses

Wanita Lebih Berisiko Alami Keropos Tulang Dibanding Pria

Kaum wanita perhatikan kesehatan tulang Anda. Pasalnya, wanita lebih berisiko mengalami pengeroposan tulang (osteoporosis).

Liputan6.com, Jakarta Di tengah-tengah kesibukannya bekerja atau mengurus suami dan anak, mestinya wanita juga tidak boleh mengesampingkan kesehatan tulang. Pasalnya, wanita lebih berisiko mengalami osteoporosis (pengeroposan tulang) dibandingkan pria.

Demikian disampaikan Spesialis Gizi Klini dari RS Medistra, dr. Cindiwaty Pudjiadji MARS. MS. SpGK. Ia mengatakan, wanita sangat berisiko mengalami penurunan kepadatan tulang karena hamil, menyusui dan menopause yang bisa membuang isi tulang.

"Tuntutan wanita yang harus mengurus keluarga, bekerja sekaligus menjalani siklus kehidupan seperti mengandung, menyusui, menopause membuatnya memerlukan kalsium yang cukup. Berbeda dengan pria, mereka memiliki masa tulang lebih besar dibanding wanita," kata Cindy saat Media Workshop Pfizer, `Mau Tulang Sehat? Kenali dan Cukupi Nutrisinya!` di Fx, Sudirman, Jakarta, Senin (12/5/2014).

Cindy menyarankan, wanita usia 30 tahun ke atas sudah harus mempersiapkan cadangan kalsium tulang sebelum terjadi penurunan kepadatan tulang. Jika asupan nutrisi tulang belum mencukupi, pertimbangkan juga untuk mengonsumsi suplemen kalsium serta olahraga teratur 30-60 menit 5 kali seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini