Sukses

Antara Kimchi dan Yoghurt, OK Mana?

Presenter dan Chef cantik Judy Joo juga ikut berpendapat manfaat kesehatan kimchi.

Liputan6.com, Jakarta Bila sebelumnya makanan khas Korea Selatan-Kimchi dikatakan bisa membantu menurunkan berat badan. Presenter dan Chef cantik Judy Joo juga ternyata suka makan kimchi. Bukan tanpa alasan, tapi menurut Judy menyukai kimchi atau hidangan pedas dari sawi putih yang difermentasi memiliki banyak manfaat kesehatan.

"Kimchi itu rendah kalori, membantu meningkatkan metabolisme, dan mengandung probiotik yang membantu kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi pencernaan," kata Judy, seperti dilansir Foxnews, Senin (28/4/2014).

Judy pun tak tanggung-tanggung memuji makanan asli negeri ginseng tersebut. "Kimchi memiliki seribu kali jumlah probiotik seperti pada yogurt. Aku tidak berbohong".

Manfaat kimchi juga telah diteliti manfaat kesehatannya. Seperti halnya peneliti Korea dari Departemen Makanan dan Gizi di Hungnam National University bahwa bio kimia pada kimchi bisa mencegah kanker dan detoksifikasi logam berat dalam hati, ginjal dan usus kecil.

Selain itu Profesor Kun Yung Park dari Department gizi di Pusan ​​National University juga menemukan bahwa kimchi dapat menekan bakteri berbahaya dan merangsang bakteri menguntungkan sehingga membantu mencegah sembelit, membersihkan usus dan mencegah kanker usus besar.
 
Para peneliti di Family Medicine Department of Seoul Asan Medical Center bahkan menemukan, makan Kimchi
menurunkan homosistein dalam darah yang menyebabkan penyakit pembuluh darah, seperti penyempitan jantung dan stroke.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.