Sukses

Setiap Anak Perlu Pendidikan Sesuai Keunikannya

Pada usia tertentu pendidikan harus mulai memperhatikan kekhususan yang dimiliki anak.

Liputan6.com, Jakarta Setiap anak itu berbeda-beda sehingga pendidikan juga diharapkan memberikan perhatian terhadapnya. Pada usia tertentu pendidikan harus mulai memperhatikan kekhususan yang dimiliki anak.

"Misalnya ada anak yang lebih akan berhasil di bidang sains sementara anak lain akan lebih sukses di bidang seni," kata Psikolog Klinis dari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Heri Widodo, M.Psi, saat dihubungi Tim Health Liputan6.com, Jakarta, Jumat (25/4/2014).

Dengan pendidikan sesuai kemampuan anak-anak itu diharapkan mendorong anak bisa menguasainya, meskipun tetap ada beberapa anak yang sangat unik yang tak harus dituntut sama dengan yang lain. "Misalnya anak-anak berkebutuhan khusus. Pada area dasar ini, dengan tetap mempertimbangkan usia perkembangannya, pendidikan bisa dilakukan secara relatif seragam," kata Heri.

Lantas bagaimana dengan Homeschooling?

Menurut Heri, homeschooling memiliki kelebihan karena fokus terhadap individu jauh lebih besar. Apabila sistem tersebut dilakukan dengan baik, kemampuan individu anak bisa terasah dan keunikannya tetap diperhatikan.

"Akan tetapi yang biasanya perlu diperhatikan dalam homeschooling adalah area sosial anak. Jika ini tidak diperhatikan anak hasil pendidikan homeschooling akan berpotensi memiliki masalah dalam adaptasi sosialnya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini