Sukses

Anak Down Syndrome Tak Cocok Dengarkan Musik Rock

Tidak semua jenis musik cocok dan baik untuk anak penyandang down syndrome. Misalnya, jenis musik rock yang dapat merusak jiwanya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua jenis musik cocok dan baik untuk didengar anak penyandang down syndrome. Misalnya, jenis musik rock. Musik ini dapat merusak perkembangan jiwanya.

"Buat anak normal saja sebenarnya tidak baik, apalagi buat anak-anak penyandang down syndrome. Jangan sampai ada musik yang tidak cocok didengarkan, malah didengarkan ke anak-anak," kata Pemerhati Anak Indonesia Dr Seto Mulyadi kepada Health Liputan6.com ditulis Selasa (25/3/2014)

Pria yang akrab disapa Kak Seto menjelaskan, terapi musik memang berguna untuk anak dengan berkebutuhan khusus. Karena dengan memberikan terapi musik, dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi dan membuat belajar anak semakin optimal.

Namun, orangtua juga harus memperhatikan bahwa musik memiliki beragam jenis, yang tidak secara menyeluruh baik dan cocok didengarkan anak-anak itu. "Kalau mereka dikasih musik rock, bukannya rileks malah stres," kata Kak Seto menambahkan.

Maka itu, Kak Seto menyarankan agar anak dengan berkebutuhan khusus diberi musik klasik ringan, agar membuatnya lebih rileks, dan melatih yang berguna saraf motorik.

Selain itu, berikanlah anak itu dengan musik beragam yang berasal dari string, bass, organ, piano. Guna mengembangkan kreativitasan seorang anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini