Sukses

Mana yang Lebih Baik, Titipkan Anak di `Daycare` atau Pengasuh?

Bila jatah cuti melahirkan sudah habis, ini menandakan pekerja perempuan harus kembali ke kantor. Tapi, pedebatan mulai muncul.

Liputan6.com, New Delhi Hal terindah yang didapatkan setiap wanita hamil yang bekerja adalah menikmati cuti melahirkan. Bahkan, beberapa perempuan pekerja rela berhenti dari pekerjaannya ketika bayi mungil lahir ke bumi.

Namun, bila jatah cuti sudah habis, ini menandakan Anda harus kembali ke kantor. Saat itu, beberapa pilihan harus Anda tetapkan.

Saat inilah ibu pekerja berdebat dalam hati dan pikirannya haruskah menitipkan anak di daycare atau bersama pengasuh. Kedua pilihan ini memiliki pro dan kontra. Tapi, ketika Anda harus memilih untuk anak, Anda harus mempertimbangkan semuanya seperti dilansir Boldsky, Rabu (26/3/2014):

1. Keamanan

Apabila orang mempertimbangkan keselamatan dan keamanan anak, jelas tempat penitipan yang lebih aman. Di rumah, anak Anda akan sendirian dengan pengasuh. Anda bisa memasang CCTV tapi itu terbatas.

2. Biaya

Pengasuh biasanya lebih murah ketimbang menitipkan anak ke daycare, terutama apabila Anda memiliki lebih dari satu anak. Daycare yang baik dan terkenal biasanya membutuhkan biaya yang besar.

3. Perawatan profesional

Daycare biasanya memiliki personel yang profesional, yang bisa mengurus anak Anda saat Anda bekerja di tempat kerja. Anda pun bisa mendapatkan pengasuh terlatih dan berpengalaman juga. Tapi, Anda harus tepat merekrut pengasuh.

4. Perkembangan anak

Anak Anda akan belajar dengan baik ketika bersama anak-anak lainnya. Itu sebabnya, penitipan anak lebih baik untuk perkembangan anak keseluruhan. Anak Anda akan berinteraksi dengan anak-anak lain dan belajar banyak hal dalam prosesnya.

5. Kesehatan

Ketika anak Anda berhubungan dengan anak-anak lain, ada kesempatan anak Anda mengembangkan infeksi. Itulah sebabnya anak-anak yang ke pusat penitipan anak lebih sering sakit. Ketika Anda mempekerjakan pengasuh, kebersihan pribadi anak Anda lebih baik.

6. Kondisi darurat

Sebagian besar pusat penitipan anak memiliki dokter panggilan dan dilengkapi dengan penanganan kecelakaan dan keadaan darurat kesehatan lainnya. Tapi, di rumah Anda harus bergantung pada kecerdasarn pengasuh yang Anda pekerjakan.








* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.