Sukses

Nenek & Ibu Wafat Kena Kanker, Shahnaz Haque Beri Anak Edukasi

Shahnaz yang merupakan survivor kanker ovarium, memiliki ibu dan nenek yang meninggal karena kanker.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dialami Shahnaz Haque (41) tak menutup kemungkinan akan turut dirasakan oleh ketiga anak perempuannya, Pruistin, Charlotte dan Mieke. Shahnaz yang merupakan survivor kanker ovarium, memiliki ibu dan nenek yang meninggal karena kanker.

Lantas, bagaimana cara presenter sekaligus penyiar ini memberitahukan ketiga anaknya itu?

Menurut Shahnaz, memberikan edukasi mengenai kanker adalah hal penting yang harus dilakukannya sebagai orangtua. Tapi, edukasi yang diberikan bukan untuk menakuti anak-anaknya.

"Berikan edukasi tidak pakai takut. Kasih kenyataannya, karena saya tidak bisa jadi 'helikopter' buat anak-anak saya. Itu penting, agar anak memahaminya," kata Shahnaz Haque kepada Health Liputan6.com di Jakarta seperti ditulis Senin (24/3/2014).

Dalam mengedukasi, Shahnaz tidak hanya memberikan teori berupa materi, melainkan data, gambar pendukung dan penjelasan konkret tentang apa yang terjadi. Sehingga, ketiganya akan mengerti apa yang harus dilakukannya.

Sama halnya seperti yang dirasakan wanita pada umumnya. Ketika mendengar kata kanker, sudah terbayang hal-hal yang tidak menyenangkan, yang justru itu membuatnya menjadi takut.

Menurut Shahnaz, ketakutan itu karena yang ditunjukan pada wanita itu yang sudah mau meninggal. Selama ini, orang takut pada kanker bukan karena penyakitnya, melainkan pada meninggal dunia yang disebabkan kanker.

"Jadi, kalau mengedukasi berikanlah contoh yang sehat dan survive. Jangan yang menakutkan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.