Sukses

Shahnaz Haque: Meski Cuma Punya Satu Ovarium, Masih Bisa Hamil

Sebagai survivor kanker ovarium, Shahnaz Haque (41) mengingatkan bahwa hidup dengan satu ovarium masih bisa hamil dan memiliki anak.

Liputan6.com, Jakarta Meski terdiagnosis kanker ovarium, Anda tak perlu cemas dan khawatir. Kemungkinan untuk memiliki seorang anak masih ada. Sebagaimana yang dialaminya, penyiar beken Shahnaz Haque (41) yang juga survivor kanker ovarium, menyebutkan bahwa meski hanya punya satu ovarium, dia tapi masih bisa hamil dan punya anak.

"Asalkan ovarium itu bertelur, tidak sulit untuk hamil. Soalnya, wanita yang menstruasi belum tentu bertelur dan belum tentu juga bisa hamil dan punya anak," kata Shahnaz Haque di Jakarta, ditulis Sabtu (22/3/2014).

Memang, ketakutan tidak dapat memiliki anak karena kanker ovarium menghantui sebagian besar wanita. Tapi kenyataanya, sejak menikah dengan drummer, Gilang Ramadhan, wanita yang lahir pada 1 September 1972 telah dikaruniai tiga orang anak.

"Sama halnya seperti manusia dengan satu ginjal, juga masih dapat hidup," kata Shahnaz menambahkan.

Wanita yang memulai debutnya sebagai None Jakarta II tingkat DKI 1993 dan Puteri Indonesia Favorit 1995 pertama kali didiagnosis kanker ovarium pada tahun 1998. Pada tahun 1999, Shahnaz memilih menjalani operasi pengangkatan. Dua tahun berselang, Shahnaz dipinang Gilang Ramadhan.

Bagi Shahnaz, rasa khawatir itu lumrah terjadi. Dia sendiri juga merasakannya. Hanya saja, ketakutan terbesar bukan tidak dapat memiliki momongan, melainkan meninggal dunia. Sebab, Shahnaz lahir dan besar di lingkungan yang gen kankernya sangat besar.

"Deg-degan pasti ada. Ibu, nenek, dan orang di sekitarku tidak survive. Memang, stadium awal itu menolong sekali," kata dia menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.