Sukses

Lakukan 5 Perubahan Kecil Ini Agar Panjang Umur

Menurut Dokter Spesialis Kanker, dr. David Argus melakukan perubahan kecil dalam hidup dapat membantu tubuh untuk tetap panjang umur.

Liputan6.com, Jakarta Ingin panjang umur dan sehat? coba beberapa tips dari Dokter Spesialis Kanker dari New York, Amerika Serikat dan Penulis buku 'A Short Guide To A Long Life' Dr. David Agus. Menurutnya, melakukan perubahan kecil dalam hidup dapat membantu tubuh tetap sehat dan panjang umur.

"Beberapa cara sederhana ini membantu meningkatkan kesehatan seseorang. Kita mulai dari perubahan kecil saja, ini membantu tubuh menjadi lebih baik," kata David. Dikutip Dailymail, Rabu (19/3/2014) perubahan kecil tersebut yaitu :

1. Perhatikan Saat Tubuh Telanjang

Bercerminlah dalam keadaan telanjang, perhatikan baik-baik di setiap jengkalnya dari depan dan belakang. Ketika ada keanehan pada tubuh seperti tanda-tanda kanker kulit atau benjolan yang tidak wajar, coba segera periksa ke dokter. Perhatikan mulai dari ujung rambut hingga ujung kuku. Segeralah berkonsultasi bila melihat ada sesuatu yang tidak wajar.

2. Gunakan Sepatu yang Nyaman

Peradangan yang diakibatkan penggunaan sepatu hak tinggi terlalu sering memicu risiko alzheimer, penyakit jantung, kanker, diabetes dan penuaan yang lebih cepat. Sepatu yang tidak nyaman juga dapat menyebabkan peradangan pada kaki kemudian berdampak menyeluruh ke sistem tubuh. Untuk mencegah peradangan tersebut, mulailah mengurangi penggunaan sepatu hak tinggi dan memilih sepatu dengan ukuran pas dan nyaman.

3. Makan di Waktu yang Tepat

Salah satu cara terbaik mengurangi stres yaitu menjaga kesehatan tubuh dan mengatur rutinitas kehidupan. Seimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi seperti keluarga, teman dan diri sendiri. "Jangan pernah melewatkan waktu makan. Bila sudah waktunya makan siang segerakan makan. Hal ini dapat menurunkan tingkat stres," kata David.

4. Hentikan Membungkuk

Postur tubuh yang membungkuk dapat menyebabkan sakit kepala, arthritis, sirkulasi tubuh yang buruk, nyeri otot, sesak napas, gangguan pencernaan, sembelit, sendi kaku, cepat lelah, dan masalah fungsi fisik lainnya.

5. Tersenyum

Dengan tersenyum suasanan hati akan membaik. Ini memicu pelepasan rasa sakit yang sedang dialami. Senyawa endorfin dan seratonin membuat diri menjadi bahagia sehingga mengurangi tingkat stres. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini