Sukses

Ingin Atasi Jerawat, Mandi Air Dingin Saja!

Anda mungkin berpikir mandi air dingin mengerikan. Padahal, air dingin bagus untuk Anda yang ingin mengatasi jerawat.

Liputan6.com, London Anda mungkin berpikir mandi air dingin mengerikan. Anda bisa saja terpaksa untuk melakukannya karena kondisi di luar kendali Anda. Padahal, air dingin bagus untuk Anda yang ingin mengatasi jerawat.

Apabila ada orang yang membuat Anda beralih dari mandi air panas ke air dingin, maka orang itu telah melakukan kebaikan untuk kesehatan Anda. Air dingin tersebut memiliki lima manfaat kesehatan yang mengejutkan seperti dilansir LifeHack, Rabu (12/3/2014):

1. Bakar lemak

Ada dua jenis lemak di dalam tubuh yakni lemak cokelat dan lemak putih. Lemak putih adalah bad guy sedangkan lemak cokelat itu good guy.

Lemak putih merupakan lemak di tubuh yang diperjuangkan untuk disingkirkan. Ketika kita mengonsumsi banyak kalori dan tak dibakar menjadi energi, mereka disimpan dalam bentuk lemak putih. Biasanya ini menumpuk di pinggang, punggung, leher, dan paha.

Sementara lemak cokelat fungsinya menghasilkan panas untuk menjaga tubuh Anda hangat. Ketika lemak cokelat diaktifkan karena dingin yang ekstrem, ia membakar kalori untuk membuat Anda hangat, yang membantu program penurunan berat badan Anda.

Peneliti Skandinavia menemukan bahwa paparan suhu dingin meningkatkan metabolisme lemak coklat hingga 15 kali lipat, yang bisa membantu penurunan berat badan 4 kilogram (kg) dalam setahun jika berkelanjutan.

2. Pemulihan setelah latihan

Atlet sering mandi es setelah pelatihan untuk mengurangi rasa sakit. Anda tak harus melakukannya seperi itu, tapi Anda bisa memperoleh manfaat yang sama dengan mandi air dingin setelah Anda latihan.

3. Meningkatkan suasana hati dan kewaspadaan

Siapa yang tak merasa malas turun dari tempat tidur usai bangun. Ini adalah sesuatu yang setiap orang perjuangkan. Tapi semangat Anda akan terbakar setelah mandi air dingin sebelum pergi bekerja.

Ketika air dingin mengalir ke tubuh Anda,tubuh Anda berusaha membuat Anda hangat dengan meningkatkan asupan oksigen secara keseluruhan. Denyut jantung Anda akan meningkat, sehingga aliran darah yang melalui tubuh Anda akan membantu Anda mendapatkan energi untuk hari-hari Anda.

4. Memperkuat kekebalan dan sirkulasi

Mandi air dingin mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, yang melepaskan sel darah putih melawan virus dan akan membantu Anda lebih jarang sakit.

Mandi air dingin juga meningkatkan sirkulasi darah Anda secara keseluruhan, yang bisa membantu Anda menghindari hipertensi dan pengerasan arteri.

5. Rambut dan kulit jadi menarik

Jika Anda ingin mengurangi munculnya jerawat, cobalah mandi air dingin karena bisa melakukannya. Air panas bisa mengeringkan kulit, sedangkan air dingin mengencangkan kutikula dan pori-pori, yang mencegahnya tersumbat.

Anda bisa menggunakan air dingin agar rambut bersinar dan lebih menarik. Air dingin akan menutup kutikula Anda, sehingga lebih kecil kemungkinannya kotoran bisa menumpuk di kulit kepala Anda.

Baca Juga:

Nyeri Otot Rendam dengan Air Es, Efektifkah?

Mandi Air Dingin Usai Olahraga Bikin Tubuh Makin Bugar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.