Kenali Tanda Penyakit Berdasar Warna di Bagian Tubuh

Oleh Fitri Syarifah pada 12 Mar 2014, 16:00 WIB
Diperbarui 12 Mar 2014, 16:00 WIB
lidah-130205b.jpg
Perbesar

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka perubahan warna pada bagian tubuh tertentu merupakan tanda penyakit atau kekurangan vitamin. Dokter bedah jantung yang juga presenter dan penulis kesayangan bintang Oprah Winfery, dr Mehmet Cengiz Öz atau lebih dikenal sebagai Dr. Oz menjelaskannya untuk Anda.

1. Lidah merah

"Perhatikan warna lidah Anda. Jika warnanya merah pekat, mungkin Anda kekurangan vitamin B12 . Vitamin ini sangat penting untuk membuat sel-sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan memiliki peran penting dalam menjaga fungsi otak," kata Dr. Oz, , seperti ditulis laman Huffingtonpost, Rabu (12/3/2014).

Menurut Dr. Oz,  meskipun para peneliti tidak yakin mengapa kekurangan B12 mempengaruhi lidah tapi ia khawatir Anda mengalami masalah neurologis termasuk demensia bila hal ini dibiarkan dalam waktu lama. 

Bila ini terjadi pada Anda, Dr. Oz menyarankan untuk mengonsumsi daging dan produk susu yang kaya akan B12. Pastikan juga untuk mengonsumsi multivitamin dan mempertimbangkan makan sereal untuk sarapan.

2. Siku, lutut , tangan dan kaki berwarna kuning

Munculnya benjolan kekuningan atau disebut xanthomas pada tubuh Anda, terutama pada siku , lutut , tangan , dan kaki merupakan tanda kolesterol tinggi yang berbahaya. Hal ini dapat meningkatkan risiko masalah jantung dan stroke. Benjolan tersebut sebenarnya merupakan timbunan lemak di bawah kulit. Biasanya terjadi karena pengaruh genetik. Tapi tidak menutup kemungkinan akibat konsumsi tinggi lemak.

Bila ini menghampiri Anda, Dr Oz menyarankan untuk Anda melakukan diet yang sehat untuk menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) yang diimbangi dengan olahraga .

Sebuah studi pada 2009 di Journal of Lipid Research menemukan bahwa wanita yang berjalan satu jam ekstra atau berlari selama 30 menit per minggu dapat menurunkan kadar LDL hingga 3 persen atau lebih. 

3. Leher, ketiak dan selangkangan menghitam

"Ini lebih sering terjadi pada orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Tapi hal demikian bisa menjadi tanda diabetes tipe 2," jelas Dr Oz.

Para peneliti percaya bahwa resistensi insulin (yang menyebabkan gula darah tinggi dan dapat menyebabkan diabetes tipe 2 ) dapat meningkatkan ketebalan kulit dan pigmen kulit menjadi gelap.

Jadi apa yang perlu Anda lakukan? menurut Dr Oz, untuk membantu mencegah diabetes, baiknya Anda mengonsumsi makanan tinggi serat  seperti oatmeal , kacang-kacangan , dan brokoli  untuk memperlambat penyerapan tubuh dari gula. Satu studi menemukan bahwa prediabetik (orang yang memiliki kecenderungan diabetes) yang mengkonsumsi banyak serat, 62 persen diantaranya jarang mengalami diabetes.

4. Kuku kecokelatan

Kuku yang kecokelatan, paling sering terjadi pada ibu jari atau jempol kaki. Menurut Dr oz, ini bisa menjadi jenis melanoma. Sedangkan melanoma merupakan gejala kanker kulit.

Meski jarang terjadi di Indonesia, Dr Oz menjelaskan,  pencegahan adalah kuncinya. "Bila Anda menerapkan tabir surya di pagi hari, luangkan waktu untuk melapisi kuku dan kutikulanya juga. Jika Anda menggunakan cat kuku, perlu diingat bahwa beberapa merek menawarkan perlindungan UV.