Sukses

Makanan yang Bisa Bantu Cerahkan Kulit

Jika Anda memiliki seorang remaja yang berjuang dengan masalah kulitnya, perhatikan nutrisi ini.

Liputan6.com, Washington Kulit menjadi organ terbesar kita. Ia yang melindungi kita dari suhu yang panas, sinar matahari, dan bahan kimia, serta juga mencegah infeksi masuk ke tubuh. Kulit juga yang mengeluarkan racun serta produk limbah setiap harinya. Dan sesuai usia, seringkali kulit menceritakan kisah yang tepat di wajah kita.

Seperti dikutip WashingtonPost, Jumat (28/2/2014), Kimberly Snyder penulis The Beauty Detox Solution mengatakan, kulit berfungsi sebagai cerminan apa yang terjadi di dalam tubuh. Jika Anda memiliki seorang remaja yang berjuang dengan masalah kulitnya, perhatikan nutrisi ini:

1. Antioksidan

Makanan seperti blueberri, blackberri, dan tomat kandungan antioksidannya tinggi yang melindunginya dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel.

2. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak esensial merupakan antiinflamasi dan melestarikan membran sel. Membran sel memungkinkan nutrisi yang baik dalam keluarnya limbah sehingga jagalah agar kulit bercahaya dan bersih. Salmon, kenari, dan biji rami merupakan sumber Omega 3 yang baik.

3. Vitamin A

Vitamin A merupakan antioksidan dan panting untuk regenerasi kulit. Sayuran berwarna oranye dan kuning mengandung beta karoten yang bisa dikonversi menjadi vitamin A di dalam tubuh.

4. Seng

Seng terbukti mengurangi jerawat sesukses obat jerawat tetrasiklin. Sumber ideal seng adalah daging sapi, domba, tiram, kerang, dan biji labu.

5. Air

Air membuat kulit terhidrasi dan membantu nutrisi Anda ke dalam dan membuangnya keluar, meninggalkan kulit yang lebih sehat.

Menurut Elizabeth Lipski penulis Digestive Wellness, pencernaan yang baik berhubungan dengan kesehatan kulit. Makan buah-buahan mentah dan sayuran yang menyediakan enzim pencernaan, dan makanan fermentasi seperti asinan kubis, membantu pencernaan, dan memperkuat kulit.

Sama halnya Snyder, ia juga merekomendasikan suplemen probiotik dalam diet untuk memulihkan bakteri di saluran pencernaan, dan makan banyak sayuran mentah mendukung pencernaan dan membentuk kulit yang bersih. Ia juga mendorong kliennya untuk menjauhi gula.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini