Sudah Makan Banyak Kok Masih Lapar? Ini Alasannya

Oleh Melly Febrida pada 27 Feb 2014, 06:00 WIB
Diperbarui 27 Feb 2014, 06:00 WIB
Sudah Makan Banyak Kok Masih Lapar? Ini Alasannya
Perbesar
Anda masih bingung kenapa masih juga lapar, padahal Anda sudah makan siang yang lezat, kekenyangan makan malam?

Liputan6.com, New York Anda masih bingung kenapa masih juga lapar, padahal Anda sudah makan siang yang lezat, kekenyangan makan malam, atau menyemil di tengah malam? Beberapa makanan bisa mengelabui tubuh sehingga tak mengenali saat Anda kekenyangan.

Inilah yang membuat Anda kembali lapar dan tanpa disadari lingkar pinggang bertambah.

Berikut beberapa hal yang bisa membuat Anda tak merasa kenyang seperti dikutip ABC, Kamis (26/2/2014):

1. Anda minum terlalu banyak soda

Soda, es teh, dan minuman manis lainnya yang paling banyak kita minum. Penelitian dari University of California di San Francisco menunjukkan bahwa fruktosa bisa mengelabui otak kita sehingga ingin lebih banyak makan, bahkan ketika kita kenyang.

2. Makan malam kalengan

Banyak makanan kaleng yang tinggi kandungan kimia bisphenol-A atau BPA, yang menurut FDA merupakan kimia yang mengkhawatirkan. "Paparan BPA dapat menyebabkan lonjakan leptin abnormal," kata peneliti Harvard University.

Kondisi tersebut membuat Anda ingin terus makan dan obesitas.

3. Sarapan tak banyak

Peneliti University of Cambridge menemukan, orang yang makan hanya 300 kalori di waktu sarapan berat badnanya naik dua kali lipat sama seperti yang makan 500 kalori. Alasannya, sarapan banyak membuat kenaikan gula darah dan insulin lebih kecil, yang artinya makan tiba-tiba jadi jarang.

Penelitian lain menemukan, makan sarapan yang mengandung 30-39 gram protein seperti telur dan sosis bisa menahan lapar sepanjang hari, dibandingkan sarapan yang rendah protein.

4. Tak makan sayur

Kebanyakan orang Amerika tidak cukup makan sayuran hijau, yang kaya akan vitamin B dan folat dan membantu melindungi terhadap depresi, kelelahan, dan berat badan. Sayuran hijau juga tinggi vitamin K, nutrisi lain yang mengatur insulin - yang membantu meredam keinginan makan.

5. Jangan berhenti minum teh

Menurut sebuah studi dalam Journal of American College of Nutrition , orang yang minum satu cangkir teh hitam setelah makan makanan tinggi karbohidrat menurunkan kadar gula darahnya dari level 10 persen menjadi dua dan setangah jam setelah makan rasa kenyang bertahan lama.

Peneliti menemukan senyawa polifenol dalam teh hitam menekan rasa kelaparan yang naik turun.

6. Minum

Dehidrasi sering meniru lapar. Jika Anda baru saja makan dan merasa masih lapar, minumlah segelas air sebelum makan lebih banyak dan lihatlah apakah keinginan Anda berkurang.

Penelitian menemukan, orang tua yang minum dua cangkir air sebelum makan memiliki 75-90 kalori lebih sedikit.