Sukses

Langkah Meminimalkan Tumbuhnya Jerawat di Wajah

Cara terbaik mencegah jerawat dan mengatasinya setelah keluar, Anda harus mencoba meminimalkan kerusakan yang terjadi di kulit.

Liputan6.com, New Delhi Hampir setiap orang merasakan jerawat. Tak ada batasan usia seseorang akan mendapatkan jerawat. Ini bisa terjadi di mana saja di tubuh Anda, tak hanya di wajah.

Tapi, karena wajah yang paling sering dilihat, orang jadi lebih sering khawatir jika wajahnya banyak jerawatnya. Banyak orang berusaha memencet jerawat untuk menyingkirkannya. Namun, cara tersebut membuat luka berbekas. Ini bisa menjadi lebih sulit, terutama ketika remaja karena Anda lebih khawatir dengan penampilan Anda.

Cara terbaik mencegah jerawat dan mengatasinya setelah keluar, Anda harus mencoba meminimalkan kerusakan yang terjadi di kulit. Berikut beberapa cara Anda bias mencegah jerawat seperti dikutip Magforwomen, Selasa (25/2/2014):

1. Menjaga wajah tetap bersih

Penting untuk membersihkan wajah Anda. Polusi udara dan makeup yang Anda kenakan bisa menyumbat pori-pori di wajah Anda dan inilah alasan mengapa jerawat jadi tumbuh.

Cuci wajah Anda secara menyeluruh setidaknya dua atau tiga kali sehari. Gunakan pembersih ringan dan jauhi sabun keras. Gunakan obat sabun setelah berkonsultasi dengan dokter kulit Anda.

Selain itu, bersihkan wajah Anda dengan handuk bersih dan cucilah wajah sebelum Anda menggunakannya lagi sehingga tak menyebarkan bakteri.

2. Hindari makanan berminyak

Makanan berminyak memperburuk jerawat Anda. Cobalah menghindari goreng-gorengan dan makanan lain yang membuat jerawat menjadi lebih parah. Beberapa makanan bisa menyebabkan lebih rusak.

3. Moisturize

Produk jerawat bisa membuat kulit menjadi kering. Karena itu, oleskan sedikit moisturize dengan krim jerawat sehingga Anda tak akan merasa gatal setelah menerapkan krim.

Kulit kering bisa menyebabkan gatal-gatal dan ketika Anda menggaruknya akan meninggalkan bekas luka.

4. Mencoba obat bebas

Ada beberapa produk yang bisa Anda beli tanpa resep. Produk-produk ini menyingkirkan minyak yang berlebihan dari kulit dan juga membatasi bakteri. Hati-hatilah karena bisa membuat kulit semakin rusak jika ternyata kulit Anda sensitif.

5. Gunakan sedikit makeup

Ini sedikit sulit karena Anda akan mencoba memakai lebih banyak makeup untuk menutupi jerawat. Tapi, makeup bisa menyumbat pori-pori untuk waktu yang lama dan bahan kimia di dalamnya membuat masalah menjadi lebih buruk.

Anda akan melihat jerawat lebih banyak jika menumpuk banyak makeup di atasnya. Gunakan sedikit saja makeup dan itu jika terpaksa.

6. Kuku yang bersih

Cobalah menjaga tangan dan jari Anda sebersih mungkin. Bila Anda menggaruk, kotoran bisa masuk dari kuku ke kulit Anda. Ini juga menyebabkan infeksi, peradangan, dan jaringan parut.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.