Sukses

Jemaah Haji Kloter 3 Surabaya Bersiap Pulang ke Tanah Air

Jemaah haji Indonesia dari Kloter 3 Surabaya (SUB-3) diberangkatkan ke Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dari hotel di sektor 1, Makkah.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji Indonesia dari Kloter 3 Surabaya (SUB-3) diberangkatkan ke Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dari hotel di sektor 1, Makkah, Minggu (17/7/2022).

Sebanyak 448 jemaah diberangkatkan dengan menggunakan 10 bus pada pukul 10.00 Waktu Arab Saudi. Jemaah akan diterbangkan ke Indonesia pada pukul 18.00 Waktu Arab Saudi.

Kemudian disusul pemberangkatan Kloter 4 Surabaya (SUB-4) dengan jemaah berjumlah 446 orang. Jemaah diberangkatkan pukul 15.20 Waktu Arab Saudi dari hotel di kawasan Mahbas Jin ini ke bandara. Rencananya pesawat akan terbang pada pukul 23.20 WAS.

Kepala Sektor 1 Nur Khamid mengatakan, sebagian besar jemaah patuh dengan aturan larangan membawa air zamzam di dalam koper bagasi. Apalagi sudah ada kejadian bahwa koper berisi air zamzam dikembalikan ke hotel.

Dia mengatakan, pemberitahuan kepada jemaah dilakukan secara berlapis. Pertama, menyampaikan ke ketua kloter, baik itu lewat grup maupun bimbad. Setelah itu baru di tingkat kloter turun ke tingkat ketua regu dan ketua rombongan.

"Dan mereka umumnya patuh dengan kejadian-kejadian yang di tempat lain dikembalikan dan kita share," kata dia.

Dia menyebut, jumlah jemaah yang membawa zamzam dalam koper bagasi untuk kloter 1 dan 2 yang telah diberangkatkan sebelumnya relatif kecil sehingga pemeriksaan berjalan lancar.

"Iya ada temuan tapi tidak banyak. Secara umum sosiasasi kita ya berhasil, kalau 100 persen namanya keinginan orang macam macam, masing-masing daerah juga beda beda. Karena air zamzam kalau setelah haji yang ditagih air zamzam, ya itu yang kita temukan secara umum di sini baik," ucap Nur Khamid.

Nur Khamid menambahkan, pihaknya telah mengingatkan jemaah untuk menjaga kesehatan. Jemaah haji harus memperhatikan kondisi fisiknya dan tidak memforsir tenaga menjelang kepulangan ke Tanah Air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebagian Sudah Tiba di Tanah Air

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara langsung telah menyambut kedatangan para jemaah haji kloter pertama di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, dia memantau jalannya skrining kesehatan sekaligus swab antigen bagi semua jemaah haji.

"Kloter pertama sebanyak 450 jemaah haji asal Tuban dan Bojonegoro yang tiba di Bandara Juanda. Disusul kedatangan kloter kedua tiba pada pukul 12.55 WIB dengan membawa sebanyak 450 orang jemaah haji," ujarnya di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya, Minggu (17/7/2022).

Setibanya di bandara, jemaah haji dibawa ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk dilakukan skrining kesehatan sekaligus swab antigen. Di sana seluruh jamaah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, kemudian dilakukan tes usap antigen. Yang diketahui positif dalam tes antigen maupun yang memiliki gejala dilakukan swab PCR.

"Bagi yang suhu badannya diatas 37,5° C atau memiliki gejala batuk, pilek, pusing akan di dilakukan PCR. Sedangkan bagi jemaah lainnya akan dilakukan swab antigen," ucap Khofifah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.