Sukses

Perjuangan Petugas Haji RI Bantu Jemaah Menyeberang di Tengah Terik Panas Kota Makkah

Para jemaah haji asal Indonesia mengaku sangat terbantu dengan keberadaan petugas yang rela berjam-jam berada di bawah terik panas untuk menyeberangkan mereka melintasi jalanan besar Kota Makkah.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca panas di Kota Makkah, Arab Saudi sudah terasa menyengat sejak pagi. Meski masih pukul 09.00 pagi waktu setempat, suhu Kota Makkah sudah berada di kisaran 37 derajat.

Sekelompok jemaah haji yang baru keluar dari bus yang yang mengantarnya dari Masjidil Haram bergegas melintas trotoar dan berhenti sejenak untuk ancang-ancang menyeberang jalan yang pagi itu tidak terlalu padat oleh lalu lalang kendaraan.  

Dua orang petugas dengan rompi hijau terang serta alat penanda berhenti bertulisan STOP warna merah memandu jemaah haji yang hendak menyeberang. Seorang petugas merentangkan kedua tangannya di tepi trotoar untuk menjaga jemaah, sementara petugas lainnya bersiap berdiri menghadap laju mobil.

Setelah dipastikan relatif lengang, kedua petugas tersebut perlahan berjalan menjaga jemaah haji bergegas menyeberang jalan dengan penanda berhenti terus diangkat menghadap arah laju mobil.

Kendaraan perlahan melaju dan berhenti kala jemaah tersebut melintas, hingga berhasil selamat menepi di Halte Mahbaz Jin 79, Mekkah, Arab Saudi. Pun begitu sebaliknya bila ada jemaah yang akan menyeberang dan naik bus shalawat.

Jalur penyeberangan jemaah yang hendak pulang dari Masjidil Haram tersebut berada di Kawasan Mahbaz Jin, tempat hotel-hotel di mana sejumlah jemaah umumnya berasal dari Embarkasi Surabaya menginap. 

Novianto Hakim, petugas haji bidang transportasi yang membantu jemaah menyeberang mengatakan, sejak pukul 06.00 ia bersama 5 petugas lainnya sudah siaga. Pembagiannya, 2 orang yang membantu menyeberangkan jemaah ke trotoar tengah, dua lagi menunggu di trotoar tengah lalu menyeberangkan ke sisi jalan lainnya.

Sementara dua petugas lagi bergilir berteduh di halte. Pola tersebut dilakukan agar setiap petugas berkesempatan berteduh dari sengatan matahari.

“Tugas kami, pertama, mengatur dan membantu menyeberangkan semata untuk keselamatan jemaah, intinya itu. Kedua, mengarahkan jemaah ke bus shalawat dengan selamat, karena kawasan ini paling ramai, jemaah beberapa negara kumpul di sini,” ujar Novianto, Sabtu (18/06/2022). 

“Saat ini masih relatif tidak padat, puncaknya nanti mulai pukul 14.00 hingga sore hari, kita berupaya bukan hanya menyeberangkan saja, tapi bagaimana mereka sampai di bus dengan selamat, karena berdesakan dengan jemaah negara lain,” lanjutnya.

Seperti diketahui, kawasan Mahbaz Jin dihuni jemaah dari berbagai negara, kebijakan Pemerintah Arab Saudi seluruh bus shalawat yang melintas di jalur ini digunakan oleh seluruh jemaah dari berbagai negara, tidak hanya dari Indonesia.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Butuh Tambahan Personel Petugas

Dalam menjalankan tugasnya, mereka melengkapi dirinya dengan alat pelindung diri, berupa topi, kain surban yang melilit dan menutup wajahnya, sehingga tersisa lubang untuk kedua matanya, kaca mata hitam, dan tongkat lampu berwarna merah.

Di halte yang menjadi tempat berteduh kala tidak ada jemaah yang menyeberang, tersedia termos berwarna merah berisi pecahan es yang digunakan untuk membasahi kain surbannya, dan bisa menawarkan rasa suhu panas karena cuaca. 

Novianto bersama rekannya sepakat, perlu ada penambahan personel terutama untuk membantu jemaah yang sudah tua. “Nanti kalau sudah ramai, kita butuh banyak petugas, kalau ada kursi roda,  kita bantu jemaah yang sudah tua menyeberang,” katanya. 

Keenam petugas haji tersebut bertugas selama 12 jam. Tim yang akan menggantikannya nanti juga sama bertugas selama 12 jam. “Kita bertugas 2 shift, masing-masing shift bertugas selama 12 jam,” ujar Novianto.

Lalu apa tanggapan jemaah atas para petugas yang membantu mereka menyeberang jalan? 

 

 

3 dari 3 halaman

Jemaah Haji Sangat Terbantu

Slamet Priyanto (54) dan istrinya Pujiati (47), asal Deket, Lamongan, Jawa Timur yang tinggal di Hotel Sofwat Albayt Hotel di Mahbaz Jin mengaku sangat terbantu atas keberadaan petugas tersebut saat menyeberang jalan.

“Sangat terbantu dengan pertolongan petugas. Kami susah nyeberang sendiri, laju mobilnya kencang, dan cuaca panas,” kata Slamet. 

Hal senada juga disampaikan jemaah bernama Tasnah (63) dan Tuminanik (58) asal Mantub, Lamongan.

“Grogi kalau nyeberang, cuaca panas. Jadi sangat terbantu oleh petugas yang menyeberangkan jalan,” ujarnya yang baru datang dari Masjidil Haram saat ditemui Media Center Haji (MCH). 

Sasmito Titik (55) asal Kedaton, Kapas, Bojonegoro, Jatim juga mengatakan, ia merasa lebih aman kalau dibantu diseberangkan petugas.

“Di jalan,  kendaraan banyak dan melaju kencang. Sebagian jemaah kan dari desa, enggak terbiasa hidup di kota besar. Enggak biasa nyeberang jalan besar,” kata Sasmito.

“Susah sekali kalau menyeberang sendiri, kalau tidak dibantu petugas. Alhamdulillah, pemerintah dalam hal ini panitia penyelenggara haji kita memperhatikan sekali ini. Ini kelihatannya sepele, tapi sangat bermanfaat untuk kami,” ujar Sasmito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.