Sukses

Menag Yaqut Cholil Qoumas Pimpin Delegasi Amirul Hajj 1443 Hijriah

Sebagai Amirul Hajj, Menag Yaqut didampingi delegasi, terdiri dari tiga orang naib (wakil), satu sekretaris, dan delapan anggota.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin delegasi Amirul Hajj pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022. Mereka dijadwalkan akan bertugas memimpin misi haji Indonesia di Arab Saudi mulai dari 28 Juni sampai 19 Juli 2022.

"Bapak Presiden sudah memberikan arahan kepada saya untuk menjadi Amirul Hajj untuk tahun ini, memimpin delegasi misi haji Indonesia," ujar Menag saat memimpin rapat persiapan pemberangkatan Amirul Hajj di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi, setiap negara harus menetapkan Ketua Misi Haji atau Amirul Hajj yang bertanggung jawab pada setiap negara.

Sebagai Amirul Hajj, Menag Yaqut didampingi delegasi, terdiri dari tiga orang naib (wakil), satu sekretaris, dan delapan anggota. Sebagian besar di antara mereka merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam.

"Saya berterima kasih atas kesediaan bapak sekalian untuk memenuhi harapan kami, bergabung dalam delegasi Amirul Hajj tahun ini," lanjut Gus Men, sapaan akrab Menag.

Pembentukan dan pemberangkatan Amirul Hajj, menurut Menag Yaqut, bertujuan membantu memberikan masukan kepada pemerintah dalam mengelola dan menata manajemen penyelenggaraan ibadah haji, utamanya hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi.

Amirul Hajj juga menjadi representasi peran serta masyarakat. Diharapkan Amirul Hajj dapat menyapa, menggali masukan, dan berkomunikasi langsung dengan jemaah haji selama di Saudi.

Dikatakan Menag, pemerintah telah berupaya maksimal dalam mempersiapkan pelayanan bagi jemaah haji Indonesia. Namun demikian, pengawasan atas pelayanan yang diberikan petugas tetap harus dilakukan.

"Mungkin ini pengalaman pertama bagi jemaah melaksanakan ibadah haji atau bahkan mungkin banyak juga jemaah yang baru kali ini keluar Indonesia. Kita terus menekankan kepada para petugas di lapangan untuk serius dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah. Kami selalu berpesan agar petugas memastikan jemaah terlayani dengan baik," tutur Menag Yaqut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keterlibatan Amirul Hajj Memaksimalkan Pelayanan

Senada dengan Menag, Sekjen Kemenag Nizar mengingatkan bahwa keterlibatan Amirul Hajj yang berasal dari beberapa unsur baik dari ormas hingga perwakilan pemerintah diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan dan memberi rasa aman dan nyaman bagi jemaah dalam melaksanakan ibadah.

"Selain melakukan pengecekan terhadap fasilitas jemaah, Amirul Hajj juga diharapkan dapat memberikan siraman rohani dan pendekatan kepada jemaah tentang ibadah haji dan pelayanan, khususnya menjelang puncak pelaksanaan haji," ujar Nizar.

Tampak hadir pada rapat persiapan tersebut, dua Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo dan Ishfah Abidal Aziz, Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latief, serta pejabat Eselon II Ditjen PHU.

Berikut ini daftar nama delegasi Amirul Hajj 1443 H/2022 M:

1. Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama RI (Amirul Hajj)

2. Zainut Tauhid Sa'adi Wamenag RI (Naib Amirul Hajj)

3. Muhammad Hilal Al Aidid dari Nahdlatul Ulama (Naib Amirul Hajj)

4. Agus Taufiqurrahman dari Muhammadiyah (Naib Amirul Hajj)

5. Ali Hasan Bahar dari UIN Jakarta (Sekretaris)

6. Arif Fachruddin dari MUI (Anggota)

7. Uyun Kamiluddin dari Persatuan Islam (Anggota)

8. Masyhuri khamis Ahmad Kasim dari Al Washliyah (Anggota)

9. Faisol Nasar dari Al Irsyad (Anggota)

10. Nizar dari Kementerian Agama (Anggota)

11. Mohammad Mukri Wiryosumarto dari UIN Raden Inten Lampung (Anggota)

12. Muhammad Khoirul Muttaqin dari Kementerian Koordinator PMK (Anggota)

13. Oscar Primadi dari Kementerian Kesehatan (Anggota)

3 dari 3 halaman

Menag Yaqut Lepas 393 Jemaah Haji Kloter Pertama DKI Jakarta

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas jemaah haji kloter pertama Embarkasi Jakarta–Pondok Gede (JKG 01), Sabtu 4 Juni 2022 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Dalam pelepasan jemaah haji ini turut hadir Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latif, Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo, serta Abdul Rochman dan Abdul Qodir.

Mewakili Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Yaqut menyampaikan sejumlah pesan kepada 393 jemah haji asal DKI Jakarta tersebut. Dia mengajak jemaah kembali menata niat ke tanah suci untuk beribadah.

"Di tata kembali niatnya ke tanah suci ini untuk beribadah, untuk melaksanakan rukun islam yang kelima. Menyempurnakan keislaman kita. Niat kita ke tanah suci ini ibadah. Tidak ada yang lain-lain," kata Yaqut melalui keterangan tertulis, Sabtu, 4 Juni.

Dia juga mengimbau agar jemaah haji Indonesia dapat menjaga kesehatan mengingat cuaca panas di Arab Saudi. Jemaah haji diminta untuk mengonsumsi vitamin dan air putih yang cukup. Selain itu jemaah haji juga diharapkan dapat membatasi kegiatan di luar ibadah.

Dia juga menyampaikan agar para jemaah haji tidak segan-segan untuk bertanya kepada petugas apabila mengalami kendala selama pelaksanaan ibadah haji.

"Jangan segan-segan bertanya kepada petugas bila mengalami kendala. Karena Kementerian Agama sudah menugaskan banyak sekali petugas di sana untuk membantu Bapak Ibu sekalian," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.