Sukses

Pemulangan Jemaah Selesai, Petugas Haji Bersiap Kembali ke Indonesia

Rencananya pemulangan petugas PPIH berlangsung secara bertahap, mulai Senin 16 September 2019.

Liputan6.com, Madinah - Pemulangan seluruh kelompok terbang (kloter) jemaah haji Indonesia ke Tanah Air sudah berakhir pada Minggu, 15 september 2019. 

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 untuk wilayah kerja Madinah dan Bandara Jeddah-Madinah akan ikut kembali ke Tanah Air. Rencananya pemulangan petugas PPIH berlangsung secara bertahap, mulai Senin 16 September 2019.

"Dalam satu atau dua hari ini, tanggal 16  September malam, kawan-kawan dari petugas PPIH bandara ataupun Madinah sudah akan meninggalkan tanah suci menuju Tanah Air," ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat di Madinah.

Sejauh dari pengamatan Arsyad, kinerja petugas PPIH bandara sangat baik. Terlihat dari semangat petugas yang tidak kendor meski telah bertugas beberapa lama di Arab Saudi.

Kerjaama antar petugas juga berjalan baik dan lancar serta saling mendukung. "Tidak ada saling istilahnya meninggalkan. Semuanya bekerjasama bagaimana supaya pelayanan pemulangan jemaah haji berjalan lancar dan dan sukses," lanjut dia.

Tanggapan jemaah haji terhadap layanan dari petugas PPIH dinilai baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seluruh Kloter Jemaah Haji Indonesia Pulang ke Tanah Air

Seluruh kelompok terbang (kloter) jemaah haji Indonesia sudah kembali ke Tanah Air. Jemaah asal Embarkasi Banjarmasin 19 (BDJ-19) menjadi yang terakhir pulang ke Indonesia, pada 15 september 2019.

Pemulangan jemaah haji terakhir berlangsung melalui Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah.

"15 September ini, kita bisa mengakhiri proses pemulangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Air," ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat usai melepas kepergiaan jemaah haji BDJ-19 di Madinah, Minggu (15/9/2019).

Berdasarkan sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, jemaah haji Indonesia yang sudah kembali ke Tanah Air sebanyak 212.223 dari 529 kloter.

Tercatat, 207.680 orang sudah tiba di Indonesia dari 517 kloter. Sementara jumlah petugas yang kembali 2.645 orang.

Dia menuturkan, seiring kepulangan jemaah haji BDJ-19 menandai kepulangan seluruh kloter jemaah haji Indonesia dari Arab Saudi.

Sejauh ini, pemulangan jemaah haji Indonesai dinilai berlangsung baik tanpa kendala berarti. Mulai dari proses perjalanan jemaah haji dari hotel menuju bandara hingga proses imigrasi.

Demikian pula pemerintah Arab Saudi melalui institusinya memberikan dukungan terkait kepulangan jemaah haji Indonesia. Sehingga semua proses pemulangan jemaah haji berjalan lancar.

Kalaupun ada masalah hanya dalam skala kecil yang dinilai bisa terselesaikan. Seperti barang bawaan jemaah haji yang begitu banyak. Meski sebenarnya jemaah sudah tahu dan mendapatkan sosialisasi tentang aturan barang bawaan.

Kemudian beberapa masalah jemaah yang kehilangan paspor. "Tapi dengan sigap kawan-kawan dari KJRI Jeddah membantu membuatkan SPLP pengganti paspor dan Alhamdulillah proses pemulangan jamaah haji tidak terganggu ya," ungkapnya.

Dia pun menilai kinerja petugas haji selama operasional haji di bandara berjalan dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini