Sukses

Menkes Tinjau Klinik Kesehatan Haji di Madinah

Menkes menilai masyarakat saat ini sudah memiliki kesadaran terkait kesehatan sebelum pergi haji.

Liputan6.com, Madinah - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mengunjungi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, pada Kamis malam (12/9/2019). Dari pantauannya, sejauh ini penanganan kesehatan jemaah haji sudah berjalan baik.

"Sudah ada tim promotif, gerak cepat dan tim kesehatan. Bagaimana mereka melakukan dan merawat para jemaah yang sakit," jelas dia di Madinah, seperti dikutip Jumat (13/9/2019).

Dia juga menilai masyarakat saat ini sudah memiliki kesadaran. Tak sekedar menganggap pergi haji hanya membutuhkan kemampuan keuangan tetapi juga kekuatan fisik.

Tim kesehatan pun, kata Menkes, selalu melakukan perbaikan-perbaikan dalam layanan jemaah haji di Tanah Suci. Sejauh ini dari pantauannya layanan kepada jemaah haji sudah berjalan baik.

"Tahun ini dengan adanya tanazul yang dilakukan, saya kira satu kepuasan yang menurut saya sangat bermanfaat dan baik bagi jemaah," dia menambahkan.

Menurut dia kinerja petugas bisa dengan melihat seberapa besar jemaah yang kembali ke Tanah Air dengan baik. Mereka bisa kembali ke Indonesia dan berkumpul dengan keluarga.

Meski tidak dipungkiri masih ada jemaah yang sakit. "Ada sebagian yang sakit seperti tanazul 198 orang, kembali ke tana air dan bisa berkumpul ke keluarga. Saya kira ini satu hal yang baik kita lihat mereka bisa menjaga ratusan ribu jemaah haji,"dia menandaskan.

Saat peninjauan turut mendampingi Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali, Kepala Pusat Kesehatan Haji Dr Eka Jusuf Singka dan Direktur Bina Haji Khoirizi H Dasir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini