Sukses

Melongok Percetakan Alquran Terbesar Dunia di Madinah

Pabrik percetakan Alquran ini diresmikan Raja Fahd Bin Abdul Aziz pada tahun 1984.

Liputan6.com, Madinah - Di Madinah, terdapat percetakan Alquran terbesar di dunia. Di sini, sekitar 18 juta eksemplar Alquran diproduksi setiap tahun.

Lokasi percetakan berada dalam Kompleks Percetakan Alquran Raja Fahd atau Majma Malik Fahd Li Thibaah Mushaf Syarif.  Lokasinya tak jauh dari Masjid Nabawi. Hanya sekitar 11 kilometer (km).

Pabrik percetakan Alquran ini diresmikan Raja Fahd Bin Abdul Aziz pada tahun 1984. 

Didukung 1.300 pekerja, pabrik beroperasi selama 24 jam. Puluhan juta eksemplar Alquran dicetak dalam 78 bahasa.

Jutaan eksemplar kitab suci dalam berbagai bentuk selanjutnya didistribusikan ke seluruh wilayah Arab Saudi. Serta puluhan negara di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibuka untuk Umum

Percetakan Alquran ini terbuka untuk umum. Namun hanya dibuka sejak pukul 08.00 WAS sampai 14.00 WAS.

Pengunjung bisa melihat langsung proses produksi Alquran. Namun saat masuk ke dalam pabrik, pengunjung harus antre. Sebab jumlah pengunjung dibatasi sekitar 15-20 orang per rombongan.

Masing-masing rombongan diberikan waktu sekitar 15 menit untuk melihat langsung proses pencetakan kitab suci Alquran. Dalam sehari jumlah pengunjung pabrik percetakan Alquran ini sekitar 3.000 orang.

Usai melihat langsung, pengunjung bisa mendapatkan langsung Alquran secara cuma-cuma, satu buah per orang. Bila kurang tersedia lokasi pembelian Alquran dengan berbagai ukuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini