167 Ribu Jemaah Haji Dipulangkan ke Tanah Air

Oleh Nurmayanti pada 09 Sep 2019, 12:00 WIB
Jemaah haji Indonesia bersiap pulang ke Indonesia dari Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah. Darmawan/MCH

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 163.851 jemaah haji Indonesia sudah kembali ke Tanah Air. Mereka berasal dari 407 kelompok terbang (kloter) dari 13 embarkasi.

Adapun total jemaah haji yang dipulangkan sudah mencapai 167.891 orang dari 417 kloter. Sementara jumlah petugas yang sudah kembali 2.085 orang.

Demikian mengutip Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, Senin (9/9/2019).

Sementara jemaah haji yang wafat sudah mencapai 436 orang. Mereka wafat antara lain di Makkah, Madinah, Jeddah dan bandara.

Saat ini seluruh jemaah haji gelombang kedua sudah berada di Madinah. Sebelum secara bertahap dipulangkan ke Tanah Air.

Pemulangan jemaah haji gelombang kedua berlangsung di Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah.

Sebelumnya, Sebanyak 460 petugas haji Daerah Kerja (Daker) Makkah merampungkan tugasnya di Arab Saudi. Mereka kini sudah kembali ke Tanah Air.

Kepulangan petugas Daker Makkah terbagi dalam dua gelombang melalui Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Kepala Daerah Kerja Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Subhan Cholid melepas langsung kepulangan sebagian petugas haji yang telah selesai bertugas.

“Hari ini pemulangan petugas haji Daker Mekkah selanjutnya kami langsung mempersiapkan penyelenggaraan haji tahun 2020. Jadi memang tidak ada jeda,” jelas dia, kemarin.

Kepulangan 460 petugas haji tersebut dibagi dalam dua tahap, yang pertama 318 orang berangkat pada 8 September 2019 dengan tujuh bus ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Sedangkan sisanya yang 142 petugas dipulangkan dengan empat bus ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah untuk diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia ke Tanah Air.

Suasana haru menyelimuti kepulangan para petugas haji yang berangkat pada pagi hari ke Jeddah dari Kantor Urusan Haji Indonesia di Syisyah, Makkah.

 

Tonton Video Ini: