Cara Petugas Kesehatan Kloter Tangani Jemaah Haji Risiko Tinggi

Oleh Nurmayanti pada 01 Sep 2019, 13:00 WIB
Jemaah haji dari BTH 15 saat akan kembali ke Tanah Air. Darmawan/MCH

Liputan6.com, Jeddah - Jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 15 Embarkasi Batam (BTH-15) menjadi yang terakhir pulang dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah. Mereka berangkat pada Minggu dini hari (1/9/2019).

Dari total 445 jemaah haji BTH-15, tercatat sebanyak 300 orang merupakan risiko tinggi. Ini diungkapkan Dokter Kesehatan Kloter BTH-15, Rabiul Priyantono.

"Kami memiliki 300 Risti, kebanyakan penyakit yang diderita kencing manis dan kami mendapatkan 3 orang yang harus dilakukan perawatan luka kaki," jelas dia di Jeddah, Minggu (1/9/2019).

Selain penyakit diabetes melitus, terdapat pula 12 jemaah haji yang harus menggunakan kursi roda karena kondisi kesehatan mereka.

Rabiul menuturkan, dengan melihat kondisi tersebut, pihaknya selalu melakukan pemantauan atau visitasi kepada jemaah haji risti setiap hari.

"Bisa dua sampai tiga kali sehari kita keliling setiap lantai setiap kamar," jelas dia.

Serta melakukan pemetaan untuk memastikan pasien yang perlu penanganan dan pemantauan lebih ketat. Langkah lain, melakukan perawatan dan penanganan seperti memasang infus dan pemberian obat-obatan suntikan saat jemaah haji di hotel.

"Jadi kita meminimalisasi kasus rujukan kalau misalnya bisa ditangani karena ketersediaan obat dan alat kesehatan juga cukup memadai," dia menandaskan.

 

2 of 2

Pemulangan Jemaah Haji dari Bandara Jeddah Berakhir

Jemaah haji kelompok terbang 15 Embarkasi Batam (BTH-15) menjadi yang terakhir pulang ke Tanah Air dari Jeddah. Nurmayanti/Liputan6.com
Jemaah haji kelompok terbang 15 Embarkasi Batam (BTH-15) menjadi yang terakhir pulang ke Tanah Air dari Jeddah. Nurmayanti/Liputan6.com

Pemulangan jemaah haji dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah berakhir. Jemaah haji kelompok terbang 15 Embarkasi Batam (BTH-15) menjadi yang terakhir pulang ke Tanah Air dari Jeddah.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Kedatangan dan Keberangkatan PPIH Arab Saudi, Cecep Nursyamsi di Jeddah, Minggu (1/9/2019).

"Pemulangan jemaah terakhir pada gelombang 1 yang diberangkatkan dari juga diakhiri dari Embarkasi 15 Batam," jelas dia.

Jemaah haji BTH-15 yang berangkat ke Indonesia tercatat sebanyak 445 orang. Mereka berangkat dari Makkah pada pukul 23.15 Waktu Arab Saudi (WAS), Sabtu (31/8/2019).

Kemudian tiba di Jeddah pukul 01.15 WAS, dan terbang ke Indonesia pukul 07.15 WAS, pada Minggu (1/9/2019). 

Cecep menuturkan jika jemaah haji yang diberangkatkan dari Bandara Jeddah seluruhnya sebanyak 94.009 orang. Tahap selanjutnya adalah pemulangan jemaah haji dari Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah.

Kepala Kloter BTH-15, Husban mengaku senang bisa kembali ke Tanah Air usai menunaikan ibadah haji.

Dia pun menyatakan apresiasi atas layanan dari pemerintah bagi seluruh jemaah haji yang dinilai baik di Tanah Suci.

"Kita merasa bahagia dilayani bahkan kami dilepas Dirjen PHU, beruntung sekali meski kami kloter terakhir. Tapi dapat pelayanan luar biasa dari rekan petugas di bandara dan mudah-mudahan berlanjut sampai Tanah Air," ungkap dia.

 

Lanjutkan Membaca ↓