Sukses

Alasan Arab Saudi Berikan Fasilitas Eyab ke Jemaah Haji Indonesia

Selain Indonesia sebanyak 28 kloter, jemaah haji Malaysia juga mendapatkan fasilitas Eyab.

Liputan6.com, Jeddah - Fasilitas jalur khusus kepulangan atau yang dikenal Eyab kembali diberikan kepada Jemaah Haji Indonesia, di Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz, Madinah.

Ada pertimbangan dari Arab Saudi untuk memberikan fasilitas Eyab kepada sekitar 28 kloter jemaah haji Indonesia.

Menurut Wakil Menteri Haji Urusan Ziarah Madinah Muhammad Abdulrahman Albejawi, fasilitas diberikan karena jemaah haji Indonesia dinilai yang paling tertib. Serta memiliki sistem dan persiapan yang baik.

“Kita bisa saksikan awal kedatangan jemaah haji Indonesia di Bandara Madinah sangat baik, sangat rapi,” ujar dia saat meninjau Layanan Eyab di Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah, Rabu (4/9/2019).

Selain Indonesia sebanyak 28 kloter, jemaah haji Malaysia juga mendapatkan fasilitas Eyab namun hanya untuk 4 kloter.

Muhammad Abdulrahman Albejawi mengaku sangat bahagia dengan Eyab sebagai salah satu inovasi pemerintah Arab Saudi selain fast track.

“Eyab sebagai salah satu inovasi yang kami berikan dan satu keuntungan jemaah haji Indonesia mendapatkan awal inovasi Eyab ini,” tuturnya.

Dia juga mengapresiasi kerjasama antar kedua negara yang sangat erat untuk terealisasinya inovasi ini.

InsyaAllah kami berharap, ke depan inovasi ini akan jauh lebih baik dan akan jauh lebih banyak penerimanya baik Indonesia maupun negara-negara lain,” imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahun Pertama

Sedangkan Kepala Bandara AMAA Madjid Abu Daud mengatakan bahwa tahun ini merupakan tahun pertama pelaksanaan program Eyab.

Ia berharap agar pengalaman Eyab tahun ini dapat menjadi  pertimbangan agar di tahun-tahun mendatang agar jumlah jemaah haji yang menikmati fasilitasa Eyab ini dapat lebih ditingkatkan.

Eyab diberikan kepada jemaah Indonesia karena jemaah haji Indonesia dikenal sebagai jemaah haji yang tertib.

“Selalu mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi, sehingga memudahkan pekerjaan kami di sini,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini