Sukses

Sabda Nabi Saw Mengenai Keistimewaan Penduduk Madinah

Penduduk Madinah merupakan pendukung dakwah Rasullah, penyemarak Masjid Nabawi, dan pelindung setia beliau.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji Indonesia secara bertahap diberangkatkan ke Madinah. Ternyata ada sabda Nabi Muhammad Saw mengenai keistimewaan penduduk di Madinah.

Ini mengutip dari buku Rujukan Sifat Haji Dan Umrah Wanita karya Dr. 'Ablah Muhammad al-Kahlawi.

Penduduk Madinah merupakan pendukung dakwah Rasullah, penyemarak Masjid Nabawi, dan pelindung setia beliau. "Mereka sangat dicintai beliau sampai-sampai mendapatkan doa khusus," tulis Ablah.

Rasullah Saw, mewanti-wanti umatnya tentang keistimewaan penduduk Madinah. Beliau bersabda.

"Madinah adalah tempat hijrahku, tempat aku bisa tidur nyeyak, dan tempat aku diutus. Untuk itu, seyogyanya umatku memuliakan tetanga-tetanggaku selama mereka tidak berbuat dosa besar. Barang siapa menjaga mereka dia berhak mendapat syafaatku dan persaksianku di hari Kiamat," (Hr al-Thabarani)

Beliau akan marah dan mengecam jika ada orang berani menyakiti penduduk Madinah. "Siapa yang menginginkan kejelekan penduduk kota ini, maka Allah akan melepuhkannya sebagaimana garam yang luruh di dalam air," (Hr Muslim)

Beliau melindungi mereka dari wabah penyakit dan Dajjal. "Madinah dikelilingi malaikat sehingga wabah penyakit dan Dajjal tidak dapat memasukinya," (HR al-Bukhari dan Muslim)

Beliau juga menjanjikan syafaat kepada orang yang meninggal dunia di Madinah. Saat ini, penduduk Madinah tak ubahnya seperti penduduk Madinah di zaman Nabi.

Mereka senatiasa mengedepankan perkataan baik dan perilaku jujur yang diiringi keihklasan. Mereka begitu ramah, lapang dada, dan ringan tangan bagi setiap pendatang.

 

(Desti Gusrina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.