Sukses

Ditjen Imigrasi Bersiap Sambut Kepulangan Jemaah Haji

Ditjen Imigrasi mengaktifkan sistem auto gate dan memberlakukan jalur khusus bagi jemaah haji yang berkebutuhan khusus serta lansia.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham menyiapkan counter khusus menyambut jemaah haji yang pulang ke Tanah Air.

Menurut Kasubbag Humas Ditjen Imigrasi Sam Fernando, dalam menyambut kedatangan jemaah haji, Imigrasi menambah personil untuk memberikan pelayanan pemeriksaan keimigrasian.

"Pemeriksaan Keimigrasian bagi para jemaah haji dilakukan di counter khusus yang terpisah dengan penumpang lainnya," ujar Sam Fernando saat dikonfirmasi, Minggu (18/8/2019).

Sam Fernando mengatakan, Ditjen Imigrasi telah mempersiapkan semua hal dalam menyambut jemaah haji yang tiba melalui Bandara Soekarno Hatta.

"Ditjen Imigrasi juga mengaktifkan sistem auto gate dan memberlakukan jalur khusus bagi jemaah haji yang berkebutuhan khusus serta lansia," kata dia.

Dia menjelaskan, para jemaah haji sudah mulai tiba di Tanah Air melalui Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu 17 Agustus 2019, malam. Kedatangan jemaah haji kloter pertama molor dari jadwal semula.

"Para jemaah haji kloter pertama dijadwalkan mendarat sekitar pukul 21.50 WIB. Namun mereka baru tiba sekitar pukul 22.15 WIB," kata dia.

Setelah kloter pertama, kloter kedua datang pada Minggu 18 Agustus 2019, sekitar pukul 01.05 WIB.

"Kloter pertama total ada sekitar 410 jemaah," kata dia.

 

Reporter: Fachrur Rozie

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.