Lepas Jemaah Haji Pulang, Menag Minta Maaf dan Beri Pesan Ini

Oleh Nurmayanti pada 17 Agu 2019, 10:20 WIB
Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin melepas jemaah haji kelompok terbang (kloter) 1 JKS di Makkah. Bahauddin/MCH

Liputan6.com, Makkah - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin melepas jemaah haji kelompok terbang (kloter) 1 JKS di Makkah. Ini merupakan kloter pertama yang akan kembali dari Arab Saudi ke Indonesia melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Saat pelepasan, Menag meminta maaf jika ada kekurangan layanan bagi jemaah haji selama di Arab Saudi.

“Atas nama seluruh petugas haji Indonesia, saya menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya. Tidak terkecuali kloter JKS-01," jelas dia, Sabtu dini hari (17/8/2019).

Dia mengaku bukan hal mudah mengurus hampir 214 ribu jemaah haji dari Indonesia selama di Tanah Suci. Apalagi dengan perbedaan tradisi, iklim, serta adat istiadat.

Dia menambahkan, pihaknya telah berupaya maksimal untuk melayani jemaah haji dengan baik selama di Arab Saudi.

Lukman juga mengingatkan jamaah agar bersyukur karena telah menunaikan ibadah haji. Karena, tidak semua penduduk Indonesia dapat kesempatan menunaikan haji.

“Yang sehat dan punya uang belum tentu berkesempatan haji tahun ini. Karena antrean,” kata Lukman.

juga mengingatkan agar jemaah menjaga kemabruran hajinya. Sebagaimana telah disabdakan Nabi Muhammad SAW bahwa ciri-ciri haji mabrur adalah memberi makan kepada sesama dan menebarkan salam.

“Artinya kita peduli ke sesama kita dan memberikan rasa aman, selain tentunya kita tingkatkan kesalehan pribadi dengan semakin rutin ibadah, juga meningkatkan kesalehan sosial kita,” lanjut dia.

Dia juga meminta jemaah haji yang akan pulang untuk menyampaikan salam kepada seluruh keluarga mereka di Tanah Air.

“Tentu kita doakan kepulangan sampai di Jeddah kemudian di Cengkareng dan sampai di rumah senantiasa sehat. Dijaga keselamatan oleh Allah sampai berkumpul kembali dengan keluarga di ke Tanah Air,” kata Lukman.

Adapun jemaah haji yang tergabung dalam Kloter 1 JKS umumnya berasal dari Bogor, Jawa Barat. Adapun pemulangan perdana jemaah haji Indonesia ke Tanah Air dilakukan pada Sabtu (17/8) ini.

 

2 of 2

13 Kloter Jemaah Haji Terbang ke Tanah Air Hari Ini

Jemaah Haji Indonesia saat tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah. Darmawan/MCH
Jemaah Haji Indonesia saat tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah. Darmawan/MCH

Pemulangan jemaah haji ke Tanah Air dimulai pada Sabtu, 17 Agustus 2019 ini. Sebanyak 13 kelompok terbang (kloter) akan menjadi yang pertama diterbangkan ke Tanah Air.

Kloter tersebut, antara lain JKS-1, PLM-1, LOP-1, JKS-2, SUB-1, JKS-3, SUB-2, PDG-1, JKS-4, SOC-1, SUB-3, BTH-1, dan UPG-1.

Demikian mengutip data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2019.

Adapun penerbangan perdana pemulangan jemaah haji ke Indonesia dimulai pukul 8.15 Waktu Arab Saudi (WAS) dengan nomor penerbangan SV-5606. Penerbangan pemulangan ini menggunakan pesawat Saudia.

Sementara penerbangan terakhir adalah pada pukul 22.40 WAS. Ke-13 kloter akan diterbangkan dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin melepas Jemaah Haji Indonesia kloter 1 JKS di Hotel Tharawat Al Misfalah, Misfalah, Makkah.

Saat pelepasan, Menag meminta maaf bila ada kekurangan dalam layanan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

"Atas nama seluruh petugas haji Indonesia, saya menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya. Tidak terkecuali kloter JKS-01. Karena tentu jauh dari sempurna. Maklum mengurus hampir 214 ribu jamaah di negeri dan rumah orang. Tradisi, iklim, adat istiada berbeda dengan di tanah air,” kata dia.

Lukman juga mengingatkan jamaah agar bersyukur karena telah menunaikan ibadah haji. Karena, tidak semua penduduk Indonesia dapat kesempatan menunaikan haji.

 “Yang sehat dan punya uang belum tentu berkesempatan haji tahun ini. Karena antrean,” kata Lukman.

 

Lanjutkan Membaca ↓