Sukses

Jemaah Haji Nafar Tsani Mulai Bergerak ke Hotel dari Mina

Data terakhir, sekitar 90 ribu jemaah haji memilih melakukan nafar tsani.

Liputan6.com, Makkah Jemaah haji nafar tsani mulai bergerak ke hotel atau pemondokan di Makkah, usai menunaikan rangkaian lontar jumrah di Jamarat, Mina, pada hari ini. 

Demikian diungkapkan Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Akhmad Jauhari di Makkah, Rabu (14/8/2019).

"Untuk jemaah nafar tsani sebagian sudah diberangkatkan ke Makkah. Jam 06.45 sudah mulai ada keberangkatan," ujar dia.

Data terakhir, sekitar 90 ribu jemaah haji memilih melakukan nafar tsani. Sementara sisanya nafar awal.

Adapun nafar tsani adalah, jemaah baru meninggalkan Kota Mina setelah melemparkan ketiga jumrah pada tanggal 13 Dzulhijjah.

Sementara nafar awal, jemaah meninggalkan Mina setelah melontarkan ketiga jumrah (ula, wustha, dan aqabah) yang masing-masing dilempar sebanyak tujuh kali pada tanggal 12 Dzulhijjah.

Akhmad Jauhari mengungkapkan jika hari ini merupakan pergerakan terakhir jemaah haji dari Mina menuju hotel.

"Diharapkan sebelum pukul 12.00 sudah diberangkatkan semua," kata dia.

Adapun jemaah nafar awal sudah lebih dulu meninggalkan Mina ke hotel tempatnya menginap pada Selasa (13/8/2019), kemarin.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin bersyukur jemaah haji nafar awal telah menyelesaikan tanpa kendala meski sempat terjadi hujan deras pada Senin (12/8/2019).

"Sejauh ini, pelaksanaan lontar jumrah di Jamarat berlangsung dengan baik, meskipun kemarin ketika ada hujan deras," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemaah Haji Nafar Awal Mulai Kembali ke Pemondokan

Jemaah haji nafar awal mulai digeser ke pemondokan dari Mina pada Selasa (13/8/2019) ini. Sebanyak 120 ribu jemaah haji mengajukan nafar awal melontar jumrah di Jamarat. 

"Mulai jam 07.00 pagi akan dievakuasi, mulai pergerakan menuju Makkah atau hotel di mana mereka menetap," ujar Kepala Satuan Tugas Mina, Akhmad Jauhari di Mina.

Dia menuturkan hari ini merupakan waktu terakhir jemaah melakukan nafar awal di Mina. 

Pada nafar awal, jemaah biasanya akan melakukan lontar jumrah dengan keberangkatan mulai jam 12 malam. Sebab pada 12 Dzulhijah merupakan batas akhir melontar jumrah.

Proses pemberangkatan jemaah nafar awal ke hotel atau pemondokan diprediksi berakhir pada pukul 17.00 waktu setempat.

Ini mengingat persyaratan Nafar Awal adalah sebelum terbenam matahari sudah harus meninggalkan Mina.

Kalau setelah matahari tenggelam jemaah tersebut masih berada di Mina, maka dia harus melanjutkan mabit dan mengambil Nafar Tsani.

Rencananya untuk pergerakan jemaah haji ke Makkah akan menggunakan bus naqobah. "Seperti saat pendorongan dari Makkah ke Arafah dengan jumlah 21 bus tiap maktab," ungkap dia.

 Tonton video ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.