Sukses

Jemaah Haji Diimbau Jangan Terpisah dari Rombongan di Mina

Saat ini sebagai puncak musim haji, hanya arus manusia yang sangat banyak begitu juga dengan titik-titik persimpangan jalan.

Liputan6.com, Makkah - Kini jemaah Indonesia sedang melaksanakan rangkaian ibadah haji di Mina,Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan agar jangan sampai terpisah dari rombongan di Mina,terutama di terowongan Muashim.

"Tentunya kami memberikan anjuran,saran dan imbauan kepada jemaah haji bahwa jarak antara tenda dan jamarat cukup jauh.oleh karenanya selalu berpergian menuju jamarat jangan terpisah dari rombongan kelompok," Ujar Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama.

Ia menambahkan, saat ini sebagai puncak musim haji, tidak hanya arus manusia yang sangat banyak begitu juga dengan titik-titik persimpangan jalan.

"Kalau terpisah rombongan, ada kemungkinan bisa tersesat dan sulit menemukan kelompoknya kembali," ujarnya.

Ia juga berpesan,bagi lansia sebaiknya tidak memaksakan diri untuk ke Jamarat karena melontar jamrah dapat diwakilkan.

“Alhamdulillah, sejauh ini lancar,” kata Menag setelah meninjau pelaksanaan lempar jamrah di Jamarat dan sejumlah tenda jemaah di Mina.

Menurut dia beberapa jemah yang sakit disebabkan karena dehidrasi dan kelelahan. oleh karenanya, dia mengimbau jemaah untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan diri.

 

(Desti Gusrina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini