Sambil Berolahraga, Menteri Agama Pantau Pemondokan Jemaah Haji

Oleh Nurmayanti pada 09 Agu 2019, 13:00 WIB
Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyempatkan diri berolahraga di tengah-tengah kesibukan memantau penyelenggaraan ibadah haji. Dok MCH 2019

Liputan6.com, Makkah - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyempatkan diri berolahraga di tengah-tengah kesibukan memantau penyelenggaraan ibadah haji.

"Di tengah kesibukan saya perlu memanfaatkan waktu luang dengan sedikit melakukan aktivitas yang di luar kebiasaan dan olah raga menjadi pilihan," jelas dia di Makkah, Jumat (9/8/2019).

Selama di Arab Saudi, Menag memiliki jadwal yang padat. Mulai dari berkoordinasi dengan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji, memantau katering dan hotel jemaah. Hingga memastikan layanan bus salawat di Tanah Suci.

Seperti pada hari ini, Menag tetap memanfaatkan waktu olah raganya untuk memantau kondisi pemondokan jemaah haji.

"Rute olah raga saya dari daker menuju daerah Syisya, perkampungan jemaah haji. Karena hampir puluhan kloter di sana berdiam banyak sekali jemaah haji kita," dia menjelaskan.

Menag mengaku juga sempat melihat persiapan jemaah haji yang hendak menuju Arafah untuk melaksanakan ibadah Wukuf.

Keberangkatan jemaah haji dari Makkah menuju Arafah memang berlangsung pada Jumat ini, mulai pukul 07.00 sampai 12.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Kembali jemaah haji diingatkan senantiasa menjaga kesehatan. Memperhatikan asupan makanan yang cukup, tetap beristirahat dan banyak minum.

"Karena prosesi 3 hari ke depan amat sangat membutuhkan stamina," dia memungkasi

 

 

 

 

2 of 2

Jemaah Haji Indonesia Mulai Berangkat ke Arafah pada Jumat Ini

Jemaah Jelang Puncak Ibadah Haji
Umat muslim berdoa ketika mereka mengelilingi Kakbah di Masjid al-Haram menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji di kota suci Makkah, Arab Saudi pada Senin (5/8/2019). Ibadah haji menjadi pertemuan tahunan umat manusia terbesar di dunia. (AP Photo/Amr Nabil)

Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan menuju Arafah untuk melaksanakan wukuf pada Jumat (9/8/2019) ini. Saat ini, total jemaah haji Indonesia dan petugas yang berada di Makkah mencapai 215.377 dari 529 kelompok terbang (kloter). 

"Akan diberangkatkan menuju ke Arafah esok hari tanggal 8 Dzulhijah dan akan dimulai pukul 07.00 dan dijadwalkan pukul 08.00 malam sudah selesai," jelas Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Subhan Cholid, Kamis malam (8/8/2019).

Meski ditargetkan pendorongan jemaah haji selesai pada Jumat(9/8/2019), namun dia memastikan jika Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tetap menyiapkan tim khusus, menyisir keberadaan jemaah di Makkah.

"Kita tetap akan antisipasi. Tim di sektor akan kita siapkan sampai habisnya jemaah haji yang berada di Makkah ini seluruhnya pindah ke Arafah," dia menegaskan.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengimbau jemaah haji Indonesia mempersiapkan stamina fisik dalam menghadapi pelaksanaan rangkaian puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Jemaah haji akan mulai bergerak ke Arafah pada Jumat (9/8/2019) secara bertahap.

"Saya ingin pesan kepada seluruh jemaah kita, besok hari jumat secara bertahap jemaah sudah meninggalkan Makkah dan dilakukan 3 tahap. Semua jemaah agar persiapkan diri sejak hari ini tidak perlu lagi memforsir stamina energi kita untuk hal tidak perlu," jelas Menag di Makkah, Kamis (8/8/2019).

Seluruh jemaah haji Indonesia akan menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina untuk melakukan rangkaian puncak haji pada tanggal 9 - 13 Dzulhijjah.

Menag berharap pelaksanaan puncak haji berjalan lancar. "Mudah-mudahan segala sesuatu berjalan lancar," imbuhnya.

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓