Sukses

Alhamdulillah, Seluruh Jemaah Haji Indonesia Telah Tiba di Tanah Suci

Adapun kloter jemaah haji terakhir yang mendarat di Arab Saudi adalah dari Embarkasi Jakarta-Bekasi JKS-97/

Liputan6.com, Jeddah - Seluruh jemaah haji Indonesia telah tiba di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Total jumlah jemaah haji reguler ini mencapai 215.377 dari 529 kelompok terbang (kloter).

Adapun kloter terakhir jemaah haji yang mendarat di Arab Saudi adalah dari Embarkasi Jakarta-Bekasi JKS-97, pada pukul 12.25 Waktu Arab Saudi (WAS). 

"Dengan tibanya kloter 97 berarti seluruh jemaah haji Indonesia itu sudah sampai di Tanah Suci," ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat, Selasa (6/8/2019).

Saat ini seluruh jemaah haji sudah berada di Makkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji yang segera mencapai puncak Wukuf di Arafah.

Dia bersyukur kedatangan seluruh jemaah haji berjalan lancar. Kalaupun ada masalah keterlambatan namun tak mempengaruhi kedatangan jemaah haji keseluruhan.

Seiring selesainya kedatangan jemaah haji, seluruh petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 di Jeddah juga digeser ke Makkah.

"Kita membereskan beberapa logistik kemudian sarana prasarana yang kita miliki. Dan sore ini semua petugas dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah akan langsung bertolak menuju Makkah," dia memungkasi.

Dari total jemaah haji yang telah tiba, sebanyak 83 orang menghembuskan nafas terakhirnya di Arab Saudi. Sebagian besar akibat sakit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Termasuk Petugas

Kasie Kedatangan dan Kepulangan Daker Bandara Jeddah-Madinah Cecep Nursyamsi menyebutkan total kedatangan jemaah haji mencapai 215.377 jemaah termasuk petugas haji.

Rinciannya, jemaah yang diangkut maskapai Garuda Indonesia sebanyak 284 kloter dan Saudia 245 kloter.

Adapun yang mendarat di Madinah mencapai 233 kloter sejumlah 95.446 orang. Sementara mendarat di Jeddah sebanyak 296 kloter dengan jumlah jemaah 119.931 orang.

 Pada tahun ini, Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 231 ribu untuk reguler dan khusus.

Kedatangan jemaah melalui dua bandara, yakni Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah dan King Abdulaziz, Jeddah.

Tonton Video Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.