Tunaikan Ibadah Haji, Menteri BUMN Tiba di Tanah Suci

Oleh Nurmayanti pada 05 Agu 2019, 18:08 WIB
Diperbarui 05 Agu 2019, 18:08 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno
Perbesar
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jeddah - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Menteri dan rombongan telah tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah sejak Minggu (4/8/2019).

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) Abdul Muhyi saat dikonfirmasi.

"Kemarin sore tiba di Jeddah langsung connect ke Madinah," ujar dia, Senin (5/8/2019).

Menteri Rini tergabung dalam rombongan haji khusus, melalui agen perjalanan Alisan Tours and Travel.

Usai tiba, rombongan terlebih dulu menuju ke Madinah sebelum bertolak untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji ke Makkah.

Staf Khusus Menteri BUMN Wianda Pusponegoro membenarkan tentang keberangkatan Menteri Rini.

"Alhamdulillah Ibu Menteri sedang menunaikan ibadah haji," jelas dia melalui pesan singkat.

Dia pun minta didoakan agar perjalanan haji Menteri Rini dan rombongan lancar.

"Mohon doanya agar perjalanan haji beliau lancar dan selalu diberi kesehatan amiin," tambah Wianda yang juga ikut dalam rombongan.

Berbeda dengan jemaah haji reguler, jemaah haji khusus diurus oleh agen perjalanan dari Tanah Air.

Mengutip data Siskohat Kemenag, sebanyak 210.698 jemaah haji Indonesia telah tiba di Tanah Suci. Berasal dari 520 kloter seluruh embarkasi di Indonesia.

Adapun pada tahun ini, jemaah haji khusus di Tanah Suci mencapai sekitar 17.000 orang, dari total kuota 231 ribu dengan reguler. 

2 dari 2 halaman

Menpora Imam Nahrawi Berangkat Haji Reguler

Saat ini, sudah mulai memasuki kelompok terbang (kloter) jemaah calon haji Indonesia berangkat ke Tanah Suci. Beberapa wilayah bahkan sudah memberangkatkan seluruh jemaah calon hajinya.

Rupanya, dari salah satu jemaah calon haji itu ada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Dilansir dari Antara, Senin (5/8/2019), Imam berangkat haji melalui jalur reguler.

Dia bergabung bersama calon haji asal Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur pada kloter 85 Embarkasi Surabaya, Jawa Timur.

"Daftarnya tujuh tahun lalu. Alhamdulillah, hari ini berangkat ke Tanah Suci," ujar Imam di sela proses embarkasi di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Imam Nahrawi tak sendiri. Sang istri, Shohibah Rohmah juga turut berangkat haji bersamanya. Setibanya di embarkasi pukul 10.30 WIB, dia dan rombongan langsung menjalani rangkaian proses biometrik di Hall Zaitun, kemudian bergabung di Hall Mina untuk menjalani proses keimigrasian.

"Waktu daftar, selain bersama istri, juga dengan ibu. Ibu saya tergabung di Kloter 70 Embarkasi Surabaya, sudah berangkat duluan ke Tanah Suci beberapa hari lalu," kata menteri kelahiran Bangkalan, Madura tersebut.

Imam Nahrawi mempunyai doa khusus untuk Indonesia dalam perjalanan ibadah haji yang dilakukannya. Ia mengungkapkan, di Tanah Suci akan mendoakan keselamatan dan kesehjateraan bagi bangsa Indonesia.

 

Lanjutkan Membaca ↓