Sukses

Jelang Puncak Haji di Armina, 70 Persen Fasilitas Jemaah Indonesia Rampung

Petugas Haji dalam proses mempersiapkan sejumlah fasilitas bagi para jemaah haji Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Petugas haji hampir menyelesaikan pengerjaan instalasi dan fasilitas lainnya, termasuk AC hingga pemberian nomor tenda untuk jemaah Indonesia di Arafah dan Mina (Armina) jelang puncak haji.

Pemberian fasilitas ini dalam rangka untuk memberikan inovasi dari tahun-tahun sebelumnya agar ada peningkatan fasilitas bagi jemaah haji Indonesia. Persiapan ini telah mencapai 70 persen.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementrian Agama (Kemenag) Sri Ilham Lubis di Kota Makkah mengatakan, persiapan instalasi dan fasilitas untuk para jemaah Indonesia hampir selesai.

"Ada banyak hal baru kita lakukan tahun ini sebagai inovasi termasuk pemasangan instalasi AC berkapasitas besar di Arafah dan penomoran tenda sesuai maktab," ujar Sri Ilham Lubis, seperti dilansir Antara, Senin (5/8/2019).

Menurutnya, saat ini petugas memasang label nomor tenda yang sudah disesuaikan dengan kloter dan kapasitas tiap tenda.

Diketahui hingga saat ini sejumlah tenda telah siap dengan AC yang sudah mulai dinyalakan, beberapa di antaranya AC 12 Ton berkapasitas 56 PK, sedangkan AC 25 Ton berkapasitas 118 PK.

Selain itu, kata Sri Ilham Lubis, fasilitas dapur dan toilet juga telah dipersiapkan petugas haji.

"Fasilitas toilet ini akan dilengkapi dengan drum-drum tempat penyimpanan air untuk toilet yang di dalamnya terdapat es batu," ucapnya.

Dapur yang dibuat oleh petugas haji, menurut Sri, juga sudah digunakan untuk memasak makanan bagi para pekerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera Rampungkan Tugas

Sementara itu, Kepala Seksi Akomodasi Abdur Dhiyaur Rahman mengatakan pihaknya menargetkan seluruh penomoran tenda baik di Arafah maupun Mina rampung pada 7 Agustus 2019.

Dikarenakan, kata dia, pada 8 September 2019, jemaah haji diberangkatkan dari pondokan ke Arafah.

"Penomoran untuk tenda di Mina semalam baru 2 nomor Maktab. Pagi ini siap tempel 15 Maktab Arafah dan 6 Maktab Mina. Sore nanti dilanjutkan 20 Maktab Arafah dan Mina," kata Abdur.

Hingga hari ini, pihak petugas haji terus berusaha keras untuk menyelesaikan penomoran dan penyiapan tenda agar tidak menganggu kenyamanan para jemaah Indonesia nanti.

 

(Jagat Alfath Nusantara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini