Sukses

Apresiasi Petugas Haji, Pemerintah Arab Saudi Beri Penghargaan Kemenkes Indonesia

Penyerahan penghargaan berlangsung di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah pada Minggu, 28 Juli 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) selalu memprioritaskan kesehatan jemaah haji Indonesia. Karena, hal tersebut merupakan kunci utama kelancaran ibadah haji.

Dikarenakan dedikasi penuh yang disertai keikhlasan para petugas kesehatan haji Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memperoleh penghargaan bidang kesehatan haji dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi, dilansir melalui keterangan tertulis Kemenkes, Senin (29/7/2019).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh dr Fahad bin Abdul Rahman selaku General Director of Medical Consultation, Kementerian Kesehatan Arab Saudi kepada Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi 2019 dr Indro Murwoko.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah pada Minggu, 28 Juli 2019.

Pada kesempatan itu, Kementrian Kesehatan Arab Saudi menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia, khususnya klinik kesehatan dan seluruh petugas kesehatan haji atas kerja sama yang dijalin selama ini.

"Kami menghargai kolaborasi anda dengan kami dan juga layanan kesehatan oleh Indonesia," ujar dr Fahad dalam sambutannya sebelum menyerahkan plakat penghargaan.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan petugas haji kesehatan Indonesia sejak sebelum keberangkatan hingga saat ini di Tanah Suci.

Terutama, kata dia, dalam upaya promotif preventif melalui penyuluhan kesehatan, perlindungan spesifik dengan pembagian alat pelindung diri, dan case finding (temuan kasus).

"Terima kasih atas upayanya memberikan edukasi kesehatan. Yang terpenting dalam edukasi adalah praktik. Praktik adalah cara terbaik, dan itu sudah anda lakukan," kata dr Fahad.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatian dari Arab Saudi

Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi 2019 dr Indro Murwoko mengungkapkan, penghargaan ini menunjukkan pemerintah Arab Saudi sangat memperhatikan program kesehatan dan kemajuan dari kolaborasi yang telah dilakukan oleh kedua negara.

"Ini sudah tahun keempat. Mereka selalu berkolaborasi dengan kita. Mereka melihat progress dari program-program kesehatan kita. Alhamdulillah dalam beberapa tahun terakhir kita selalu mendapatkan semacam penghargaan," ucap dr Indro.

Selain itu, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka juga mengatakan, dirinya bersyukur atas penghargaan tersebut dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan kesehatan haji 2019.

"Pusat Kesehatan Haji melakukan strategi penguatan pelayanan kesehatan melalui promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dengan memberdayakan TPP, TKR, TGC, tim visitasi dan tim pendukung kesehatan," terang Eka, di Jakarta.

Menurut Eka, penghargaan ini di dapatkan karena kerja keras Tim Petugas Kesehatan Jemaah Haji Indonesia.

"Ini semua berkat kerja keras tim kami," tutup Eka.

 

(Nabila Bilqis)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.