Ma'ruf Amin Ingatkan Pentingnya Kesehatan Jemaah Haji Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 26 Jul 2019, 16:22 WIB
Ma'ruf Amin Hadiri Agenda Rapat Rutin MUI

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kesehatan jemaah merupakan faktor utama kelancaran ibadah haji. Oleh karena itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin menekankan pentingnya menyiapkan kesehatan jemaah haji Indonesia sejak sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.

Hal itu, menurut Wakil Presiden RI terpilih itu perlu dilakukan agar bisa menjalani proses ibadah haji dengan lancar.

Dilansir dari Antara, Jumat (26/7/2019), Ma'ruf mengatakan, jemaah calon haji harus menjaga kesehatan, terutama saat di Mina.

"Kita sangat punya perhatian pada pelayanan kesehatan haji, sejak mulai berangkat sampai ada di Tanah Suci, sampai kembali, terutama saat wukuf saat di Mina terus ada pengawasan," kata Ma'ruf usai membuka acara FGD Dakwah Kesehatan di Depok.

Selain itu, Ma'ruf juga menekankan pemerintah harus memberikan perhatian serius dengan memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh jemaah haji.

"MUI telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dalam menetapkan istithaah kesehatan bagi calon jamaah haji untuk bisa berangkat ke Tanah Suci," ucap Ma'ruf.

Ma'ruf juga mengimbau kepada jemaah calon haji Indonesia untuk memenuhi persyaratan istithaah kesehatan agar bisa menjalankan ibadah haji dengan baik selama di Arab Saudi.

Selain itu, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan perlunya ada sosialisasi yang lebih luas kepada masyarakat yang ingin beribadah haji agar bisa mempersiapkan kesehatan sebelum tahun keberangkatan.

"Tidak lepas dukungan peran para ulama yang luar biasa, adanya hasil ijtima majelis ulama tahun 2018 tentang istithaah kesehatan haji, lempar jumrah, safari wukuf, telah meningkatkan pemahaman masyarakat," kata Nila.

 

Reporter : Nabila Bilqis

2 of 2

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by