Sukses

Ratusan Calon Haji Lansia Asal Riau Selesaikan Umrah Wajib

Kloter 20 jemaah calon haji asal Riau ini didominasi lansia yang mencapai 351 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Calon jemaah haji asal Riau yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 20 embarkasi Batam sudah melaksanakan rangkaian rukun umrah wajib, dimulai sejak di Bandara King Abdul Azis, pada hari Rabu, 26 Juli 2019.

Dilansir dari Antara, Jumat (26/7/2019), 450 orang calon haji tersebut menempati dua hotel selama tinggal di Tanah Suci.

"Selanjutnya setelah menempati 2 hotel yakni hotel nomor 102 yang berkapasitas 279 orang dan hotel nomor 103 sebanyak 171 orang, maka jamaah dipandu melakukan tawaf dan sai serta tahalul di Masjidil Haram," kata pranata humas ahli Kanwil Kemenag Riau Vethria Rahmi di Pekanbaru.

Kloter 20 ini didominasi lansia yang mencapai 351 orang. Menurut Ketua kloter 20 Anasri Nurdin, kelompoknya memakan waktu persiapan yang cukup lama.

Sebagian besar calon haji, kata dia, telah menyelesaikan rangkaian rukun umrah wajib pada pukul 04.00 waktu Arab Saudi (WAS).

"Tepat pukul 04.00 pagi WAS sebagian besar jemaah calon haji telah menyelasaikan rangkaian rukun umrah wajib, meskipun terdapat jumlah yang cukup banyak belum sampai sempurna melaksanakan rukun tersebut dan masih terdapat jemaah calon haji yang belum melaksanakan tawaf dan sai seperti dilaporkan karom dan karu," ucap Anasri.

Dikarenakan kloter 20 didominasi oleh lansia, Ansari menawarkan solusi kepada jemaah tersebut untuk memakai kursi roda menggunakan tenaga mukimin ketika tawaf dan sai.

Ansari mengatakan pada pukul 10.00 WAS, dirinya bersama petugas telah mengantarkan jemaah tanazul dari kloter 16 BTH ke pemondokannya dilanjutkan laporan ke sektor 1 Makkah.

 

Reporter : Nabila Bilqis

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.